-->

Info Terbaru - Teladan Lengkap Rpp Kurikulum 2013 Revisi 2017


RPP Revisi 2017 – Ganti menteri ganti kebijakan? Ganti menteri ganti aturan? Ganti menteri ganti kebijakan? Dikiranya mengganti ini dan itu di dunia pendidikan semudah membalikkan sendok makan. Perubahan memang suatu keniscayaan, tetapi sudah sepatutnya pemimpin memperhatikan banyak faktor, serta akhir dari kebijakannya.

Perubahan kurikulum sudah beberapa kali terjadi, dan sepertinya, yang paling tidak terang ialah kurikulum 2013. Barangkali konsepnya bagus, tetapi konsep yang masih setengah matang itu kemudian direvisi dan direvisi sehingga membingungkan. Yang terjadi ialah multi tafsir dalam memandang aturan. Belum akhir kita berkutat pada kurikulum revisi 2013 yang baru, sudah muncul edisi revisi, kemudian muncul lagi revisi tahun berikutnya, dan berikutnya. Sampai sekarang. Tidak hanya buku yang berubah, tetapi juga aturan-aturan wacana penilaian, dan pembuatan RPP.

Contoh Lengkap RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017

 Dikiranya mengganti ini dan itu di dunia pendidikan semudah membalikkan sendok makan Info Terbaru -  Contoh Lengkap RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017

Tidak apa-apa. Toh pak menteri tidak mencicipi bagaimana guru dirundung kebingungan. Tinggal rapat, kemudian stempel. Aturan semoga bawahan yang menjalankan.

Maka, mau bagaimana lagi, sebagai bawahan, ujung tombak pendidikan, guru mesti segera beradaptasi dengan aneka macam perubahan yang ada. Syukur jikalau pengawasnya masih mau mendapatkan apa-apa yang sudah lama, atau bahkan pengawasnya tidak tahu perubahan macam mana lagi yang terjadi.

Tulisan ini hanya akan mengulas perubahan RPP K13 revisi 2017, yang sedang hot (istilah ini nanti juga mesti dimunculkan) dalam RPP. Baiklah, sebelum nanti akan diberikan pola bagaimana pembatan RPP K13 revisi 2017, perlu disingung dulu wacana apa saja yang berubah.

Poin penting RPP Revisi 2017

 Dikiranya mengganti ini dan itu di dunia pendidikan semudah membalikkan sendok makan Info Terbaru -  Contoh Lengkap RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP Revisi 2017 mesti memunculkan 4 hal berikut, yakni:

  • PPK, 
  • Literasi, 
  • 4C, dan 
  • HOTS 

Istilah-istilah itu saja banyak yang masih resah kan? Tak apa. Mari kita kupas satu-satu.

PPK (Penguatan Pendidikan Karakter)

Dalam RPP Revisi 2017 guru mesti Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran, yang mencakup 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas atau 7 Karakter untuk mapel IPS dari 18 Karakter prioritas. Nanti kita lihat di pola semoga lebih lezat ya. Tidak usah pusing dulu.

Literasi

RPP mesti mengintegrasikan literasi dan menginsert literasi baik sebelum, saat dan setelah pembelajaran dilaksanakan. Apa itu literasi? Bukan sekadar kemampuan membaca dan menulis. Tetapi secara luas dan dalam konteks sekolah, literasi diartikan kemampuan mengakses, memahami, dan memakai sesuatu secara cerdas melalui aneka macam acara antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara.

Literasi bisa dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy).

4 C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative);

empat ketarampilan tersebut dipentingkan ada untuk menghadapi tantangan era digital. Pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, periode di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan periode 21 sangat penting, 4 C ialah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar 3. Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill)

RPP revisi 2017 juga mesti Mengintegrasikan HOTS atau kemampuan berpikir tingkat tinggi Level. Pertanyaan-pertanyaannya bukan lagi, sebutkan, apa, di mana, siapa, tetapi sudah jelaskan, hubungkan, simpulkan, bagaimana. Kira-kira begitulah. Mengajak siswa untuk berpikir yang lebih berat, yang dengan hanya nyontek sudah selesai. Tetapi HOTS mengajak siswa untuk berpikir aktif dan kreatif.

Bagaimana format RPP revisi 2017. Silakan lihat di sini (Format RPP Kurikulum 2013).

Okelah. Ketimbang harus menjelaskan banyak hal yang agak njlimet, kita bisa berguru eksklusif dari pola RPP yang sudah dibentuk yang mengacu pada RPP Kurikulum 2013 revisi 2017. Entah siapa yang memmbuat pertama kali RPP ini, tetapi aku percaya, bukan Pak Menteri.


RPP Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2013 edisi revisi Semua mapel (Download)
RPP Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Kurikulum 2013 edisi revisi Semua mapel (Download)
RPP Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Kurikulum 2013 edisi revisi Semua mapel (Download)
RPP Sekolah Menengan Atas Kelas 10 Kurikulum 2013 edisi revisi Semua mapel (Download)
RPP Sekolah Menengan Atas Kelas 11 Kurikulum 2013 edisi revisi Semua mapel (Download)

1. Contoh RPP Kimia revisi 2017 
2. Contoh RPP PKn REvisi 2017
3. Contoh RPP Bahasa Indonesia revisi 2017
4. Contoh RPP Matematika Wajib revisi 2017
5. Contoh RPP Sejarah Indonesia revisi 2017

Demikian goresan pena senam jari berkaitan dengan Contoh Lengkap RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017. semoga bisa membantu atau mungkin menghibur.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar