Download RPP FIQIH Kelas IX Kurikulum 2013
Download RPP FIQIH Kelas IX Kurikulum 2013. Di sini anda bisa download RPP Akidah akhlak kelas IX, atau bisa lihat dulu contoh rpp nya di bawah ini.
Sebagai guru, RPP merupakan satu dokumen yang dibuat dalam rangka menjalankan tugasnya. Sebenarnya, banyak juga guru-guru yang mengajar dan tidak peduli dengan RPP-nya, tetapi bagaimana pun RPP menjadi satu kewajiban.
Guru Umar Bakri Tempoe Doeloe bisa jadi tidak membuat RPP tetapi dia bisa mengajar dengan lancar. Nah, anda bagaimana? Tujuan RPP sendiri sebenarnya baik, tetapi kalau tidak diterapkan juga percuma.
Download RPP FIQIH Kelas IX Kurikulum 2013
Untuk Download, lihat link di bawah sendiri ya.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs ____________________
Mata Pelajaran :
Fiqih
Kelas/ semester :
IX /1
Materi Pokok :
PENYEMBELIHAN BINATANG
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 kali pertemuan)
A. Kompetensi
Inti (KI)
(KI):
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
(K2):
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
(K3):
Memahami pengetahuan (faktual,konseptual, danprosedural) berdasarkan
rasa ingin, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
(K4):
Mencoba, mengolah,dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi
Dasar (KD)
1.1
Menghayati
nilai-nilai dari ketentuan menyembelih binatang
2.1 Membiasakan sikap selektif dan hati-hati
sebagai implementasi dari pemahaman ketentuan menyembelih binatang menurut
syariat Islam
3.1. Memahami ketentuan menyembelih
binatang
4.1 Mendemonstrasikan tata cara menyembelih binatang
C. Indikator
Kompetensi Pembelajaran
Indikator
KD 3.1
3.1.1
Menjelaskan ketentuan dalam menyembelih binatang
3.1.2
Menjelaskan hal-hal yang disunatkan dalam menyembelih
binatang
Indikator KD 4.1
D. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
pendekatan saintifik dengan metode komperatif tentang qurban, aqiqah, dan
penyembelihan, peserta didik dapat:
E. Materi
Pembelajaran
Penyembelihan binatang ialah
memutus jalan makan. minium nafas dan urat nadi pada leher binatang yang
disembelih dengan pisu, pedang, atau alat lain yang tajam sesuai dengan
ketentuan syara`.
Penyembelihan binatang tidak
sama dengan mematikan. Mematikan binatang dapat dilakukan dengan berbagai cara,
seperti dipukul, disabet dengan senjata, disiram dengan air panas atau dibakar.
Namun cara-cara tersebut tidak dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan termasuk tindakan
kejam.
Maka dari itu dalam
melakukan penyembelihan harus dilakukan dengan baik dan benar. Sebagaimana
sabda Rasulullah SAW:
Artinya : Dari Saddadi Ibnu Aus Rasulullah SAW bersabda;
“Sesungguhnya Allah menetapkan supaya berbuat baik terhadap segala sesuatu.
Apabila kamu membunuh, bunuhlah dengan baik. Apabila kamu hendak menyembelih,
sembelihlah dengan baik dan hendaklah mempertajam pisaunya dan memberikan
kesenangan terhadap binatang yang disembelih. (HR. Muslim).
Sebagai orang yang beriman, kita tidak boleh
menyembelih binatang secara sembarangan. Kita harus mengikuti tata cara dan
ketentuan-ketentuan syarat dalam menyembelih binatang.
Cara Menyembelih
Binatang
Ada dua cara dalam
menyembelih binatang, yaitu secara tradisional dan mekanik.
1). Cara menyembelih
binatang dengan cara tradisional
Tata cara menyembelih
binatang seacra tradisional adalah :
a). Menyiapkan terlebih
dahulu lubang penampung darah.
b). Peralatan yang akan
digunakan untuk menyembelih disiapkan terlebih dahulu.
c). Binatang yang akan
disembelih dibaringkan menghadap kiblat, lambung kiri bawah.
d). Leher binatang yang akan
disembelih diletakkan di atas lubang Penampung darah yang sudah disiapkan.
e). Kaki binatang yang akan
disembelih dipegang kuat-kuat atau diikat, kepalanya ditekan ke bawah agar
tanduknya menancap ke tanah.
f). Mengucap basmalah,
kemudian alat penyembelihan digoreskan pada leher binatang yang disembelih
sehingga memutuskan, jalan makan, minum, nafas, serta urat nadi kanan dan kiri
pada leher binatang.
2). Cara menyembelih
binatang secara mekanik
Tata cara menyembelih
binatang secara mekanik adalah :
a). Mempersiapkan peralatan
terlebih dahulu.
b). Memasukkan hewan ke
dalam ruangan yang sudah dipenuhi gas sehingga hewan tersebut tidak sadarkan
diri dan mati.
c). Dengan mengucap
basmalah, binatang yang telah pingsan tersebut disembelih dengan alat
penyembelihan yang sudah disiapkan sebelumnya.
d). Penyembelihan binatang
dengan alat mekanik dibolehkan dan halal dagingnya, asalkan memenuhi persyaratan
dalam penyembelihan.
Syarat Binatang yang
disembelih
Syarat binatang yang
disembelih adalah sebagai berikut :
1) Binatang yang akan
disembelih masih dalam keadaan hidup. Binatang
yang mati bukan karena
disembelih berarti sudah menjadi bangkai.
2) Binatang yang akan
disembelih adalah binatang yang halal, baik zatnya maupun cara memperolehnya.
Syarat Alat untuk
Menyembelih Binatang
Syarat alat untuk
menyembelih binatang adalah
1) Tajam
2) Tidak tumpul dan tidak
runcing
3) Terbuat dari besi, baja,
bamboo, batu, atau kaca
4) Bukan gigi, tulang, atau
kuku
Hal itu berdasarkan sabda
Nabi Muhammmad SAW sebagai berikut :
Artinya: " Apa saja yang dapar
mengalirkan darah dan disebut nama Allah, maka boleh kamu makan, bukan gigi,
dan kuku dan aku akan beritahukan kepada kalian tentangya, adapun gigi itu
adalah tulang, sedangkan kuku itu adalah senjata orang Habsyi. (H.R Al Bukhari
dari Raft' bin Khadis : 5074).
Ketentuan Cara
Menyembelih Binatang
Cara menyembelih binatang yang
benar, ada ketentuan yang harus diperhatikan yaitu:
1). Binatang yang dapat
disembelih lehernya, dipotong urat tempat makanan dan urat tempat keluar
nafasnya, kedua urat ini harus diputus.
2). Binatang yang tidak
dapat disembelih lehemya, karena liar atau jatuh ke dalam lubang, sehingga
tidak dapat disembelih lehernya, maka menyembelinya dilakukan dimana saja dari
badanya, asal dia mati karena luka itu.
Artinya :"Dari Rafi" ia berkata:
Kami bersama Rasulullah SAW dalam perjalanan kami bertemu seekor unta milik
seseorang kaum (unta itu sedang lari) sedang mereka tidak menunggang kuda untuk
mengejarnya maka seorang laki-laki telah melempar dengan anak panahnya dan
matilah unta itu, maka Nabi SA W bersabda : Sesunggunya binatang ini mempunyai
tabiat binatang liar, terhadap binatang-binatang seperti ini berbuatlah kamu
demikian. " HR. Jama'ah
Syarat Orang yang
Menyembelih Binatang
Syarat-syarat orang yang
menyembelih adalah:
1) Beragama Islam atau Ahli
Kitab
Mengkonsumsi sembelihan Ahli
Kitab (Orang Yahudi dan Nasrani) adalah halal hukumnya. Allah berfirman dalam
surat Al-Maidah ayat 5, yang artinya : Makanan (sembelihan)
Ahli Kitab itu halal bagimu, dan makananmu halal bagi mereka.... (QS A1-Maidah
/ 5: 5)
Sebagian ulama menyatakan
bahwa mengkonsumsi daging hewan sembelihan Ahli Kitab sama saja mengkonsumsi
sembelihan orang kafir dan musrik Jadi mengkonsumsi daging sembelihan orang
kafir dan musyrik adalah haram hukumnya.
2) Menyebut Nama Allah SWT
Allah SWT berfirman dalam surat
Al-An'am ayat : 121, yang artinya: "Dan janganlah
kamu memakan dari apa (daging hewan ) yang ketika disembelih tidak menyebut
nama Allah, perbuatan itu benar-benar suatu kefasikan……(QS. Al-An'am/6:121)
Sebagian ulama menyatakan
bahwa menyebut nama Allah SWT tidak termasuk syarat apabila penyembelihan
binatang tersebut orang muslim.
3) Berakal Sehat
Mengkonsumsi daging binatang
yang disembelih oleh orang yang gila atau mabuk, hukumnya haram
4) Sudah Mumayiz
Mumayiz adalah orang yang
dapat membedakan antara yang benar dan salah. Penyembelihan binatang yang
dilakukan oleh anak yang belum mumayiz dinyatakan tidak sah.
Kewajiban dalam
Menyembelih Binatang
1). Hendaknya binatang itu
dipotong / disembelih pada pangkal leher (leher bagian bawah).
2). Yang dipotog adalah
bagian tenggorokan binatang itu yaitu jalan pernafasan.
3). Selain tenggorokan harus
juga dipotong kerongkongan yang merupakan jalan makanan.
4). Dua buah urat nadi
binatang itu (kiri dan kanan) harus dipotong juga.
5). Pada waktu menyembelih
harus menyebut nama Allah SWT.
Sunah dalam
Menyembelih Binatang
Kalian saya ajak untuk
melaksanakan beberapa perbuatan yang disunahkan dalam menyembelih binatang,
yaitu:
1) Binatang diihadapkan ke
kiblat
2) Menyembelih pada bagian
pangkal leher binatang, terutama apabila bina tang nya berleher panjang. Hal
itu dimaksudkan agar pisau tidak mudah bergeser dan urat-urat leher serta
kerongkongan cepat putus.
3) Menggunakan alat yang
tajam agar dapat mengurangi kadar sakit.
4) Memotong dua urat yang
ada di kiri kanan leher agar cepat mati.
5) Binatang yang disembelih,
digulingkan ke sebelah kiri rusuknya, supaya mudah bagi orang yang
menyembelihnya.
6) Membaca basmalah.
7) Membaca Shalawat Nabi.
8) Mempercepat proses
penyembelihan agar binatang tidak tersiksa.
Hal-hal yang
dimakruhkan ketika menyembelih
1) Menyembelih dengan alat tumpul
2) Memukul binatang waktu akan menyembelih
3) Memutuskan lehernya atau mengulitinya sebelum
binatang itu benar-benar mati.
F. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama (2JP)
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
||||
Pendahuluan
|
Ø Guru membuka deengan salam dan mengajak siswa untuk membaca bacaan
basmalah bersama-sama
Ø Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
Ø Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari
Ø
Guru menyampaikan
menyampaikan garis besar cakupan materi, kegiatan yang akan dilakukan,
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran.
|
10
menit
|
||||
Inti
|
Mengamati
Ø Guru meminta peserta didik mengamati
gambar yang berkaitan dengan materi penyembelihan
Ø Guru meminta peserta didik mengangkat
tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya.
Ø Peserta didik mengemukakan hasil
pengamatan gambarnya. Dan peserta lain mendengarkan
Ø Guru mengajarkan bagaimana menghargai
orang berbicara
Ø Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannya
Menanya
Ø Lalu guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan
setelah mendengarkan pendapat temanya dan penguatan dari guru serta
menghubungkannya dengan pemahaman
penyembelihan. Peserta didik bisa bertanya dengan menggunakan kata Tanya: apa, mengapa,
bagaimana, bagaimana jika dan sebagainya. Beberapa contoh yang bisa menjadi acuan pertanyaan
Catatan:
-
Guru
harus dapat mendorong peserta didik untuk berani menanya
-
Peserta
didik mengungkapkan pertanyaan-pertanyaannya lewat lisan atau tulisan
-
Guru
bisa meminta salah satu peserta didik untuk menulis semua
pertanyaan-pertanyaan tersebut di papan tulis atau bisa ditulis di kertas.
-
Guru
memberikan penghargaan terhadap pertanyaan yang dikemukakan oleh peserta
didik, misalnya “pertanyaan yang bagus sekali, dan sejenisnya”
|
60
menit
|
||||
Penutup
|
Ø
Bersama-sama
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Ø
Guru
memberi apresiasi terhadap hasil kerja siswa
Ø Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya dan menyampaikan tugas
mandiri terstruktur.
Ø
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa
|
10 menit
|
2. Pertemuan Kedua (2JP)
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Ø Guru membuka deengan salam dan mengajak siswa untuk membaca bacaan
basmalah bersama-sama
Ø Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
Ø Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya
berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari.
Ø Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari
Ø
Guru menyampaikan
menyampaikan garis besar cakupan materi, kegiatan yang akan dilakukan,
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran.
|
10
menit
|
Inti
|
Mengasosiasi
Ø Setiap kelompok terlebih dahulu
berkumpul untuk membagi tugas, ada yang bertugas untuk menerangkan proses penyembelihan dari
awal sampai terakhir. Dan setiap kegiatan diperjelas langkah-langkah yang akan
dilaksanakannya dalam bentuk tulisan
Mengomunikasikan
Ø Salah satu kelompok maju ke depan
untuk mempratekkan proses
penyembelihan yang benar.
Ø Kelompok yang mengamati dan memberi
tanggapan dari praktek salah satu kelompok. Demikian juga dengan kelompok
selanjutnya
Ø Guru memberikan penjelasan tambahan
dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.
|
60 menit
|
Penutup
|
Ø
Bersama-sama
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Ø
Guru
memberi apresiasi terhadap hasil kerja siswa
Ø Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya dan menyampaikan tugas
mandiri terstruktur.
Ø
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa
|
10 menit
|
G. Penilaian,
pembelajaran remedial, dan Pengayaan:
1.
Teknik penilaian:
Teknik
|
Bentuk
|
Pengamatan
Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes
Tertulis
|
Tes Uraian
|
Tes
Unjuk Kerja
|
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
2.
Instrumen penilaian dan pedoman penskoran
a.
Sikap
(terlampir)
b.
Pengetahuan
(terlampir)
c.
Keterampilan
(terlampir)
3.
Pengayaan
Berilah
tugas tambahan kepda siswa yang sudah menguasai materi untuk menghafalkan
dalil-dalil tentang kurban dan akikah, sekaligus menerangkan kandungan dalil
tersebut didepan kelas atau menyerahkan langsung ke
guru dalam bentuk tulisan
Atau buatlah teks artikel
dengan tema “Penyembelihan yang Sehat dan Syar’i”, dengan sistematika sebagai berikut !
1.
Pembukaan.
2.
Isi
meliputi, dasar hukum qurban, manfaat qurban, hikmah qurban.
3.
Penutup
/kesimpulan
4.
Presentasikan
naskah yang telah kamu buat didepan kelas !
4.
Remedial
Berilah
tugas kepada siswa yang belum menguasai materi
untuk mempelajari materi tentang penyembelihan hewan
kepada teman atau kepada guru diluar kelas atau dirumah, dan tagihlah siswa
tersebut untuk menerangkan materi yang diminta oleh guru pada pertemuan
berikutnya
Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar,
apabila masih ada waktu, atau di luar jam
pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai)
H. Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat:
Ø Multimedia interaktif/CD
interaktif/video
2. Sumber Belajar
Ø Buku Siswa Fiqih untuk kelas IX,
Kementerian Agama Republik Indonesia, 2015.
Ø Materi terkait di Internet, koran dan
majalah
Mengetahui,
Kepala MTs ____________________
________________________
|
................,
…………………..
Guru Mata Pelajaran
________________________
|
NIP NIP
|
LEMBAR
PENILAIAN
Guru melakukan
penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan sebagai berikut:
1.
Penilaian sikap dalam
mengikuti diskusi:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
Penilaian
|
Nilai
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek dan rubrik
penilaian.
1. Kejelasan
dan kedalaman informasi.
a.
Jika kelompok
tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman informasi lengkap dan sempurna, skor 1.33
b.
Jika kelompok
tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman
informasi lengkap dan kurang
sempurna, skor 1.20
c.
Jika kelompok
tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman
informasi kurang lengkap, skor 1.10
2. Keaktifan dalam
diskusi.
a.
Jika kelompok
tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi skor 1.33
b.
Jika kelompok
tersebut berperan aktif dalam diskusi skor 20.
c.
Jika kelompok
tersebut kurang aktif dalam diskusi skor 1.10
3. Kejelasan
dan kerapian presentasi.
a.
Jika kelompok
tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas
dan rapi, skor 1.33
b.
Jika kelompok
tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 1.25
c.
Jika kelompok
tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 1.20
d.
Jika kelompok
tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan
tidak
rapi, skor 1.10
2.
Penilaian antar Teman
Nama Siswa: ……………….Tanggal: ………………… Kelas: …………………..
No
|
Nama Siswa
|
|
JML
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
aspek yang dinilai:
1. Keaktifan
memberikan pendapat/menyampaikan ide
2. Kesediaan
menerima pendapat/ide dari teman dalam kelompok
3. Kesetiaan
dalam melaksanakan tugas yang diberikan kelompok
4. Kemampuan
mengambil keputusan dalam kelompok
5. Kepedulian
terhadap kesulitan terhadap sesama anggota kelompok
6. Kesediaan
memberikan kesempatan kepada sesama anggota kelompok
7.
Kemampuan
mengorganisir/mengaktifkan kerja kelompok
Pedoman
Penskoran:
1.
tidak baik skor 1
2.
baik, skor 2
3.
sangat baik,
skor 3
Nilai = Jumlah nilai skor yang
diperoleh x 100
Jumlah Skor Maksimal
3.
Penilaian
Mempratekkan
Contoh format penilaian
unjuk kerja: penyembelihan qurban dan aqiqah:
No
|
Nama siswa
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
Jumlah
Score
|
|||||||
Syarat-syarat
penyembelihan
|
Tatacara
penyembelihan
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman penskoran
Tidak
benar (skor 1) Benar
(skor 3)
Kurang benar (skor 2) Sangat
Benar (4)
Nilai = Jumlah nilai skor yang
diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
4.
Penilaian
Soal Uraian
Jawablah pertanyaan di
bawah ini!
1. Jelaskan syarat penyembelihan menurut
Islam!
Kunci
Jawaban
1. Syarat-Syarat Penyembelihan
a. Binatang yang
hendak disembelih harus masih dalam keadaan hidup, dan binatang yang halal,
baik zatnya maupun cara memperolehnya.
b. Syarat orang yang meyembelih,
sebagai berikut Islam atau ahli kitab, Berakal sehat, mumayyis
c. Niat penyembelihan yang benar ialah
penyembelihan binatang dengan tujuan untuk memakan binatang itu, sesuai dengan
ketentuan-ketentuan syara’. Jika ada niat penyembelihan yang lain dari
ketentuan ini maka sembelihan itu haram dimakan.
d. Alat penyembelih; Boleh menggunakan
alat apapun asal alat itu tajam dan dapat memutus tenggorokan dan urat nadi
besar di leher binatang yang di sembelih.tetapi tidak diperbolehkannya
menggunakan tulang dan kuku.
e.
5.
Penilaian
Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur
Setelah mempelajari
tentang Penyembelihan, Kurban, dan Akikah, cobalah kalian menuliskan pengalaman
kalian tentang salah satu dari tema tadi (penyembelihan) yang kalian lakukan.
Jika memungkingkan hasil pengalaman kalian ditempel di madding kelas kalian
Skor penilaian sebagai
berikut:
1. Jika peserta didik dapat
mengumpulkan
tugasnya
tepat
pada
waktu
yang
ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 4,00.
2. Jika
siswa dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta
alasannya benar, nilai 3,50.
3. Jika
siswa dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta
alasannya sedikit ada kekurangan, nilai
2,50.
Saran:
Guru harus kreatif mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan
kebutuhan peserta didik dengan mengikuti
langkah-langkah yang ada.
Anda butuh? Silakan Download RPP FIQIH Kelas IX Kurikulum 2013
semoga bermanfaat