Download RPP Al-Qur'an Hadis Kelas IX Kurikulum 2013
Download RPP Al-Qur'an Hadis Kelas IX Kurikulum 2013. Di sini anda bisa download RPP Akidah akhlak kelas IX, atau bisa lihat dulu contoh rpp nya di bawah ini.Sebagai guru, RPP merupakan satu dokumen yang dibuat dalam rangka menjalankan tugasnya. Sebenarnya, banyak juga guru-guru yang mengajar dan tidak peduli dengan RPP-nya, tetapi bagaimana pun RPP menjadi satu kewajiban.
Guru Umar Bakri Tempoe Doeloe bisa jadi tidak membuat RPP tetapi dia bisa mengajar dengan lancar. Nah, anda bagaimana? Tujuan RPP sendiri sebenarnya baik, tetapi kalau tidak diterapkan juga percuma.
Untuk Download, lihat link di bawah sendiri ya.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs ____________________
Mata Pelajaran :
Al-Qur’an Hadis
Kelas/ semester :
IX /1
Materi Pokok :
Hukum bacaan mad silah, mad
badal, mad tamkin, dan
mad farqi
Alokasi Waktu : 10 x 40 menit ( 5 kali pertemuan)
A. Kompetensi
Inti (KI)
(KI):
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
(K2):
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
(K3):
Memahami pengetahuan (faktual,konseptual, danprosedural) berdasarkan
rasa ingin, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
(K4):
Mencoba, mengolah,dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi
Dasar (KD)
1.1
Menyadari keutamaan membaca al Qur’an dengan baik dan
benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
2.1 Terbiasa membaca al Qur’an dengan baik dan
benar dalam kehidupan sehari-hari
3.1
Memahami ketentuan hukum mad silah, mad badal, mad
tamkin, dan mad farqi dalam Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S. al-Zalzalah (99)
dan pada surah-surah pendek pilihan
4.1
Mempraktikkan hukum mad silah, mad
badal, mad tamkin, dan mad farqi dalam Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S. al-Zalzalah (99)
dan pada surah-surah pendek pilihan
C. Indikator
Kompetensi Pembelajaran
Indikator
KD 3.1
3.1.1 Menjelaskan ketentuan hukum mad
silah, mad badal, mad tamkin, dan
mad farqi
3.1.2 Menunjukkan contoh hukum mad
silah, mad badal, mad tamkin, dan
mad farqi
Indikator KD 4.1
4.1.1 Menerapkan hukum mad silah, mad badal, mad tamkin, dan mad farqi dalam Q.S. al-Qari’ah (101) ,Q.S. al-Zalzalah
(99) dan pada surat-surat pilihan
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengamati, menanya, mengeksplorasi, menegosiasi, dan mengkomunikasikan, peserta
didik diharapkan mampu:
- Menjelaskan
ketentuan hukum bacaan mad silah, mad badal, mad tamkin, dan
mad farqi,
- Menunjukkan contoh hukum bacaan mad silah, mad badal, mad tamkin, dan
mad farqi,
- Menerapkan
hukum bacaan mad silah, mad badal, mad tamkin, dan
mad farqi dalam surat-surat pendek pilihan
E. Materi
Pembelajaran
Mad
Silah
Hukum bacaan mad ini fokus kepada dua hal yaitu ha’ dhomir/kata ganti ( ــهُ \ ــهِ \ هُ \ هِ) dan hamzah. Menurut
bahasa, Mad artinya panjang, silah berarti hubungan.
Secara istilah mad
silah adalah bacaan yang terjadi karena adanya ha’ dhamir yang tidak didahului
sukun, tidak didahului bacaan panjang, tidak diikuti sukun, dan tidak diikuti
hamzah.
Sekali lagi bacaan mad
silah ini hanya terjadi pada ha’ dhamir. Namun perlu diketahui bahwa tidak
semua ha itu dhamir. Lebih jelasnya perhatikan kalimat yang mengandung ha’ pada tabel berikut!
Mad silah
dibedakan menjadi dua
1.
Mad silah qasirah (pendek), yaitu mad silah yang tidak diikuti hamzah.
Dibaca panjang dua harakat /satu alif.
2.
Mad silah thawilah (panjang), yaitu mad silah yang diikuti hamzah, dibaca panjang limas harakat/ dua setengah alif.
Mad Badal
Badal artinya, ganti . Dimanakan mad badal
karena ada huruf mad ( و , ي )
menggantikan hamzah sukun.
Mad
badal terjadi karena adnya hamzah berharakat fathah, dhummah, atau kasrah,
bertemu hamzah sukun. Hamzah tersebut diganti dengan harakat berdiri (
). Cara membacanya dipanjangkan
dua harakat/ satu alif.
Mad Tamkin
Tamkin artrinya penetapan, pemantapan, atau penguatan. Mad
tamkin adalah bacaan mad yang terjadi karena adanya yak sukun ( ي )
didahului ya bertasydid dan berkasrah. Cara membacanya dengan menetapkan,
memantapkan bunyi ya yang bertasydid dengan ditekan dan titahan..
Mad Farqi
Menurut bahasa, farqi berarti pembeda.
Maksudnya bacaan mad ini digunakan untuk membedakan antara kalimat tanya dan
bukan kalimat tanya. Yang dibaca panjang (mad) adalah kalimat tanya. Sedangkan
yang dibaca pendek (bukan mad), bukan kalimat tanya.
Panjang bacaan mad
farqi ini adalah enam harakat/ tiga alif. Cara membacanya, dengan memanjangkan
hamzah istifham (kata tanya) enam harakat lalu diidzghamkan kepada huruf
berikutnya.
F. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama (2JP)
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pendahuluan
|
Ø Guru membuka deengan salam dan mengajak siswa untuk membaca bacaan
basmalah bersama-sama
Ø Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
Ø Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari
Ø
Guru menyampaikan
menyampaikan garis besar cakupan materi, kegiatan yang akan dilakukan,
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran.
|
10
menit
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Inti
|
Megamati
Ø Guru mengajak peserta
didik mencermati kalimat dan hukum bacaannya dalam table berikut
Menanya
Ø Setelah mencermati
ayat-ayat dan hukum bacaannnya pada rubrik 1 tersebut, guru memberi
kesempatan kepada peserta didik untuk
mengungkapkan catatan yang dibuatnya dalam proses sebelumnya (mengamati
gambar dan arti hadis).
Ø Guru mendorong peserta didik untuk
kritis dan memiliki pertanyaan-pertanyaan sebanyak mungkin dan tidak perlu
mengomentarinya.
Ø Guru bisa meminta salah satu peserta
didik untuk menulis semua pertanyaan-pertanyaan tersebut di papan tulis atau
bisa ditulis di kertas.
Ø Setelah terkumpul
pertanyaan-pertanyaan tersebutpeserta didik diminta menuliskan apa yang akan pertanyakan. Sebagai contoh:
Mengasosiasi
Ø Guru meminta peserta didik
mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang terkumpul melalui berbagai
sumber
|
60
menit
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penutup
|
Ø
Guru bertanya kepada peserta didik tentang manfaat/hikmah materi
yang baru dipelajari
Ø
Guru membimbing peserta didik untuk
menyimpulkan materi yang
baru saja dipelajari
Ø
Guru meminta peserta didik secara jujur menjawab soal-soal
penalaran dan mengisi kolom pada rubrik “REFLEKSI” sebagai bentuk penguatan materi
yang telah dipelajari.
Ø
Guru menutup pembelajaran dengan mengajak
peserta didik membaca bacaan hamdalah bersama.
|
10
menit
|
2. Pertemuan Kedua (2JP)
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Ø Guru membuka deengan salam dan mengajak siswa untuk membaca bacaan
basmalah bersama-sama
Ø Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
Ø Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya
berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari.
Ø Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari
Ø
Guru menyampaikan
menyampaikan garis besar cakupan materi, kegiatan yang akan dilakukan,
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran.
|
10
menit
|
Inti
|
Mengumpulkan Informasi
Ø Guru menanyakan apakah
peserta didik sudah menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang
terkumpul kemarin
Ø Guru meminta meminta peserta didik untuk kembali mencari jawaban dari
pertanyaan-pertanyaan tersebut di “bukalah wawasanmu”
Ø Memberi
kesempatan peserta didik untuk membaca dan menelaah “bukalah wawasanmu”
Ø Meminta peserta
didik untuk mencatat jawaban-jawaban yang diperoleh dari “bukalah wawasanmu”
dari pertanyaan dalam “ungkapkan rasa keingintahuan mu”
Ø Jika ada pertanyaan yang
tidak didapat jawabannya, guru bisa
memberikan penjelasan singkat atau memberikan sumber-sumber bacaan yang bisa
peserta didik dapatkan.
Ø Jika ada pertanyaan yang
mendasar dan perlu dikaji lebih mendalam, guru bisa menjadikan pertanyaan
tersebut menjadi tugas mandiri.
|
60
menit
|
Penutup
|
Ø
Guru bertanya kepada peserta didik tentang manfaat/hikmah materi
yang baru dipelajari
Ø
Guru membimbing peserta didik untuk
menyimpulkan materi yang
baru saja dipelajari
Ø
Guru meminta peserta didik secara jujur menjawab soal-soal
penalaran dan mengisi kolom pada rubrik “REFLEKSI” sebagai bentuk penguatan materi
yang telah dipelajari.
Ø
Guru menutup pembelajaran dengan mengajak
peserta didik membaca bacaan hamdalah bersama.
|
10
menit
|
3. Pertemuan
Ketiga (2JP)
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Ø Guru membuka deengan salam dan mengajak siswa untuk membaca bacaan
basmalah bersama-sama
Ø Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
Ø Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya
berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari.
Ø Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari
Ø
Guru menyampaikan
menyampaikan garis besar cakupan materi, kegiatan yang akan dilakukan,
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran.
|
10
menit
|
Inti
|
Menalar/mengumpulkan
informasi
Ø Guru mengajak peserta didik untuk
melakukan aktifitas yang dapat memperkaya wawasan, pemahaman, pengalaman,
yaitu dengan berdiskusi, menyajikan cerita dan lain-lain sesuai dengan
situasi, kondisi, dan tempat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung
Ø Sebelum diskusi dilakukan, guru perlu
mempersiapkan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Menjelaskan pengantar
tentang tata cara berdiskusi, antara lain
a. Berkelompoklah
5-6 orang setiap kelompok
b. Setiap kelompok
harus memilih ketua dan sekretaris.
c. Setiap kelompok
mendiskusikannya dengan menkaji “bukalah wawasanmu”atau melihat
sumber lain.
d. Setiap kelompok
mencatat hasil diskusinya di kertas dengan rapi (bisa disediakan oleh guru
atau dari peserta didik).
|
60 menit
|
Penutup
|
Ø
Guru bertanya kepada peserta didik tentang manfaat/hikmah materi
yang baru dipelajari
Ø
Guru membimbing peserta didik untuk
menyimpulkan materi yang
baru saja dipelajari
Ø
Guru meminta peserta didik secara jujur menjawab soal-soal
penalaran dan mengisi kolom pada rubrik “REFLEKSI” sebagai bentuk penguatan materi
yang telah dipelajari.
Ø
Guru menutup pembelajaran dengan mengajak
peserta didik membaca bacaan hamdalah bersama.
|
10
menit
|
4. Pertemuan
Keempat ( 2 JP)
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Ø Guru membuka deengan salam dan mengajak siswa
untuk membaca bacaan basmalah bersama-sama
Ø Guru mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan.
Ø Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari.
Ø Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
Ø Guru menyampaikan menyampaikan garis besar cakupan
materi, kegiatan yang akan dilakukan, lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan dalam pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengeksplorasi
Ø Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi di
depan kelompok yang lain.
Ø Setiap kelompok menilai kelompok yang sedang mempresentasikan hasil kerjanya secara
bergantian
Ø Kelompok lain menyiapkan pertanyaan untuk dijawab
kelompok yang sedang mempresentasikan
Ø Setelah selesai, tiap kelompok kembali ke tempatnya
masing-masing
Ø Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguat
atas diskusi yang baru saja dilaksanakan.
Catatan::
Guru
melakukan pengamatan selama diskusi berlangsung dengan menggunakan format
penilaian “Pengamatan sikap”.
|
60 menit
|
Penutup
|
Ø
Guru bertanya kepada peserta didik tentang manfaat/hikmah materi
yang baru dipelajari
Ø
Guru membimbing peserta didik untuk
menyimpulkan materi yang
baru saja dipelajari
Ø
Guru meminta peserta didik secara jujur menjawab soal-soal
penalaran dan mengisi kolom pada rubrik “REFLEKSI” sebagai bentuk penguatan materi
yang telah dipelajari.
Ø
Guru menutup pembelajaran dengan mengajak
peserta didik membaca bacaan hamdalah bersama.
|
10
menit
|
5. Pertemuan
Kelima ( 2 JP)
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Ø Guru membuka deengan salam dan mengajak siswa
untuk membaca bacaan basmalah bersama-sama
Ø Guru mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan
Ø Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari.
Ø Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
Ø Guru menyampaikan menyampaikan garis besar cakupan
materi, kegiatan yang akan dilakukan, lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan dalam pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengomunikasikan
Ø Guru meminta tiap kelompok memberikan komentar
tentang persamaan dan perbedaan hasil diskusi antara kelompoknya dengan
kelompok lain.
Ø Guru meminta pendapat dari peserta didik secara
jujur, kelompok mana yang paling baik hasil diskusinya.
Ø Mengakhiri kegiatan diskusi dengan memberikan
semangat dan menghargai semua usaha peserta didik.
Merefleksi
Ø Sebelum
mengakhiri pembelajaran, setiap peserta didik diminta melakukan refleksi
dengan menjawab pertanyaan yang yang
diajukan guru, seperti:
a.
apakah yang dimaksud dengan hukum bacaan mad silah, mad badal,
mad tamkim, dan mad farqi itu?
b. Apakah dalam membaca
qur’an kita selalu memperhatikan hokum bacaan yang ada dalam Alqur’an ?
c.
Apakah kita selalu memberikan hak-hak dari masing-masing huruf
dan baan (panajng, pendek, jelas, mendengung, dan lain-lain) yang ada dalam
Al Qur’an?
d. Dan lain-lain
Ø Guru meminta
sebagain peserta didik menyampaikan hasil refleksinya. Diusahakan memilih
peserta didik yang tidak terbiasa menyampaikan pendapatnya atau komentarnya.
Ø Guru menghargai
setiap hasil refleksi dengan kata “bagus” atau “hebat” atau kata-kata yang
memotivasi peserta didik mau mengungkapkan pendapatnya.
|
60 menit
|
Penutup
|
Ø
Guru bertanya kepada peserta didik tentang manfaat/hikmah materi
yang baru dipelajari
Ø
Guru membimbing peserta didik untuk
menyimpulkan materi yang
baru saja dipelajari
Ø
Guru menutup pembelajaran dengan mengajak
peserta didik membaca bacaan hamdalah bersama.
|
10
menit
|
G. Penilaian,
pembelajaran remedial, dan Pengayaan:
1.
Teknik penilaian:
Teknik
|
Bentuk
|
Pengamatan
Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes
Tertulis
|
Tes Uraian
|
Tes
Unjuk Kerja
|
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
2.
Instrumen penilaian dan pedoman penskoran
a.
Sikap
(terlampir)
b.
Pengetahuan
(terlampir)
c.
Keterampilan
(terlampir)
3.
Pengayaan
Berikan
tugas kepada siswa yang sudah menguasai materi untuk memahamkan kepada siswa
yang remidi tentang materi yang sedang dipelajari (Hukum Bacaan mad
silah, mad badal, mad tamkin, dan mad farqi). Berilah nilai tambahan bagi siswa yang berhasil memahamkan
temannya yang remidi.
4.
Remedial
Sebagaimana dijelaskan pada bab sebelumnya bahwa ada banyak sekali
program remedial (remedial teaching) yang dapat digunakan. Dalam hal ini
yang cocok digunakan guru diantaranya:
1.
Mengajarkan kembali (re-teaching)
materi yang sama, tetapi dengan cara penyajian yang berbeda;
2.
Tutoring sebaya, yaitu
bentuk perbaikan yang diberikan oleh teman sekelasnya yang pandai, sebab adakalanya siswa lebih mudah menyerap
materi pelajaran dari teman akrabnya maupun dari orang yang lebih dekat
hubungan emosionalnya dari pada guru yang disegani atau bahkan ditakutinya;
3.
Lakukan
penilaian kembali dengan memberikan so’al-so’al atau tanya
jawab dengan lisan kepada siswa yang remidi (30 menit setelah pulang jam
pelajaran selesai.
H. Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat:
Ø Multimedia interaktif/CD
interaktif/video
Ø Lembar kegiatan siswa (terlampir)
2. Sumber Belajar
Ø Buku Siswa Al-Qur’an Hadis untuk
kelas IX, Kementerian Agama Republik Indonesia, 2015.
Ø Materi terkait di Internet, koran dan
majalah
Mengetahui,
Kepala MTs ____________________
________________________
|
................,
…………………..
Guru Mata Pelajaran
________________________
|
NIP. NIP.
semoga bermanfaat