-->

Download RPP Al-Qur'an Hadis Kelas IX Kurikulum 2013

Download RPP Al-Qur'an Hadis Kelas IX Kurikulum 2013. Di sini anda bisa download RPP Akidah akhlak kelas IX, atau bisa lihat dulu contoh rpp nya di bawah ini.

Sebagai guru, RPP merupakan satu dokumen yang dibuat dalam rangka menjalankan tugasnya. Sebenarnya, banyak juga guru-guru yang mengajar dan tidak peduli dengan RPP-nya, tetapi bagaimana pun RPP menjadi satu kewajiban.

Guru Umar Bakri Tempoe Doeloe bisa jadi tidak membuat RPP tetapi dia bisa mengajar dengan lancar. Nah, anda bagaimana? Tujuan RPP sendiri sebenarnya baik, tetapi kalau tidak diterapkan juga percuma.
Untuk Download, lihat link di bawah sendiri ya. 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       : MTs ____________________
Mata Pelajaran           : Al-Qur’an Hadis
Kelas/ semester          : IX /1
Materi Pokok              : Hukum bacaan mad silah, mad badal, mad tamkin, dan
  mad farqi
Alokasi Waktu            :  10 x 40 menit ( 5 kali pertemuan)

A.  Kompetensi Inti (KI)
(KI):   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
(K2):   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi   secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
(K3):  Memahami pengetahuan (faktual,konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingin, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
(K4):  Mencoba, mengolah,dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah  abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.  Kompetensi Dasar (KD)
1.1        Menyadari keutamaan membaca al Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
2.1   Terbiasa membaca al Qur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
 3.1   Memahami ketentuan  hukum mad silah, mad badal, mad tamkin, dan mad farqi dalam Q.S. al-Qariah (101), Q.S. al-Zalzalah (99)  dan pada surah-surah pendek pilihan
4.1        Mempraktikkan hukum mad silah, mad badal, mad tamkin, dan mad farqi dalam Q.S. al-Qariah (101), Q.S. al-Zalzalah (99)  dan pada surah-surah pendek pilihan

C.  Indikator Kompetensi Pembelajaran
Indikator KD 3.1
3.1.1       Menjelaskan ketentuan hukum mad silah, mad badal, mad tamkin, dan mad farqi
3.1.2       Menunjukkan contoh hukum mad silah, mad badal, mad tamkin, dan mad farqi

Indikator KD 4.1
4.1.1       Menerapkan hukum mad silah, mad badal, mad tamkin, dan mad farqi dalam Q.S. al-Qari’ah (101) ,Q.S. al-Zalzalah (99)  dan pada surat-surat pilihan

D.  Tujuan Pembelajaran
      Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, menegosiasi, dan mengkomunikasikan, peserta didik diharapkan mampu:
  1. Menjelaskan ketentuan hukum bacaan mad silah, mad badal, mad tamkin, dan mad farqi,
  2. Menunjukkan contoh hukum bacaan mad silah, mad badal, mad tamkin, dan mad farqi,
  3. Menerapkan hukum bacaan mad silah, mad badal, mad tamkin, dan mad farqi dalam surat-surat pendek pilihan

E.  Materi Pembelajaran
Mad Silah
Hukum bacaan mad  ini fokus kepada  dua hal yaitu ha’ dhomir/kata ganti  ( ــهُ \ ــهِ \  هُ \ هِ)   dan hamzah. Menurut bahasa, Mad artinya panjang, silah berarti hubungan.
Secara istilah mad silah adalah bacaan yang terjadi karena adanya ha’ dhamir yang tidak didahului sukun, tidak didahului bacaan panjang, tidak diikuti sukun, dan tidak diikuti hamzah.
Sekali lagi bacaan mad silah ini hanya terjadi pada ha’ dhamir. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua ha itu dhamir. Lebih jelasnya perhatikan kalimat yang mengandung ha’  pada tabel berikut!
Mad silah dibedakan menjadi dua
1.     Mad silah qasirah (pendek), yaitu mad silah yang tidak diikuti hamzah. Dibaca panjang dua harakat /satu alif.
2.     Mad silah thawilah (panjang), yaitu mad silah yang diikuti hamzah, dibaca panjang limas harakat/ dua setengah alif.


Mad Badal
Badal artinya, ganti . Dimanakan mad badal karena ada huruf mad (  و , ي ) menggantikan hamzah sukun.
            Mad badal terjadi karena adnya hamzah berharakat fathah, dhummah, atau kasrah, bertemu hamzah sukun. Hamzah tersebut diganti dengan harakat  berdiri (    ).  Cara membacanya dipanjangkan dua harakat/ satu alif.

Mad Tamkin
Tamkin artrinya penetapan, pemantapan, atau penguatan. Mad tamkin adalah bacaan mad yang terjadi karena adanya yak sukun ( ي  ) didahului ya bertasydid dan berkasrah. Cara membacanya dengan menetapkan, memantapkan bunyi ya yang bertasydid dengan ditekan dan titahan..


Mad Farqi
 Menurut bahasa, farqi berarti pembeda. Maksudnya bacaan mad ini digunakan untuk membedakan antara kalimat tanya dan bukan kalimat tanya. Yang dibaca panjang (mad) adalah kalimat tanya. Sedangkan yang dibaca pendek (bukan mad), bukan kalimat tanya.
Panjang bacaan mad farqi ini adalah enam harakat/ tiga alif. Cara membacanya, dengan memanjangkan hamzah istifham (kata tanya) enam harakat lalu diidzghamkan kepada huruf berikutnya. 


F.   Kegiatan Pembelajaran
1.     Pertemuan Pertama (2JP)

Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Ø  Guru membuka deengan salam dan mengajak siswa untuk membaca bacaan basmalah bersama-sama
Ø  Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
Ø  Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
Ø  Guru menyampaikan menyampaikan garis besar cakupan materi, kegiatan yang akan dilakukan, lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran.
10 menit
Inti
Megamati                  
Ø  Guru mengajak peserta didik mencermati kalimat dan hukum bacaannya dalam  table berikut
No
Lafadz
Hukum bacaan
1
فَكُلُوْهُ هَنِيْئًا
Mad silah qashirah
2
وَنَعَّمَهُ فَيَقُوْلُ
Mad silah qashirah
3
وَثاَقَهُ اَحَدٌ
Mad silah thawilah
4
إِلَى أَهْلِهِ إِلاَّ
Mad silah thawilah
5
3 ö@è% ÈûøïtŸ2©%!!#uä
Mad farqi
6
3 ª!!#uä îŽöyz $¨Br& šcqä.ÎŽô³ç
Mad farqi
7É
#»n=ƒ\} C·÷ƒtè%
Mad badal
8
úüÍhŠÏk=Ïæ
Mad tamkin

Menanya
Ø  Setelah mencermati ayat-ayat dan hukum bacaannnya pada rubrik 1 tersebut, guru memberi kesempatan  kepada peserta didik untuk mengungkapkan catatan yang dibuatnya dalam proses sebelumnya (mengamati gambar dan arti hadis).
Ø  Guru mendorong peserta didik untuk kritis dan memiliki pertanyaan-pertanyaan sebanyak mungkin dan tidak perlu mengomentarinya.
Ø  Guru bisa meminta salah satu peserta didik untuk menulis semua pertanyaan-pertanyaan tersebut di papan tulis atau bisa ditulis di kertas.
Ø  Setelah terkumpul pertanyaan-pertanyaan tersebutpeserta didik diminta menuliskan apa yang akan pertanyakan. Sebagai contoh:
No.
Kata  tanya kata
Contoh Pertanyaan
1
Apakah
Apakah mad shilah itu?
2
Mengapa
Mengapa disebut hukum bacaan mad shilah
3
Bagaimana
Bagaimana cara membunyikan/ melafadzkannya bacaan mad shilah?
4
Untuk apa
Untuk apa kita mempelajari mad shilah?
5
Dimana
Dimana terdapat hokum bacaan mad shilah?
6
Apakah
Apakah mad badal itu?
7
Mengapa
Mengapa disebut hukum bacaan mad badal
8
Bagaimana
Bagaimana cara membunyikan/ melafadzkannya bacaan mad badal?
9
Untuk apa
Untuk apa kita mempelajari mad badal?
10
Dimana
Dimana terdapat hukum bacaan mad badal?
11
Apakah
Apakah mad farqi itu?
12
Mengapa
Mengapa disebut hokum bacaan mad farqi
13
Bagaimana
Bagaimana cara membunyikan/ melafadzkannya bacaan mad badal?
14
Untuk apa
Untuk apa kita mempelajari mad badal?
15
Dimana
Dimana terdapat hukum bacaan mad badal?

Mengasosiasi
Ø  Guru meminta peserta didik mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang terkumpul melalui berbagai sumber

60 menit
Penutup
Ø  Guru bertanya kepada  peserta didik tentang manfaat/hikmah materi yang baru dipelajari
Ø  Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi yang baru saja dipelajari
Ø  Guru meminta peserta didik secara jujur menjawab soal-soal penalaran dan mengisi kolom pada rubrik “REFLEKSI” sebagai bentuk penguatan materi yang telah dipelajari.
Ø  Guru menutup pembelajaran dengan mengajak peserta didik membaca bacaan hamdalah bersama.

10 menit

2.     Pertemuan Kedua (2JP)
Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Ø  Guru membuka deengan salam dan mengajak siswa untuk membaca bacaan basmalah bersama-sama
Ø  Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
Ø  Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari.
Ø  Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
Ø  Guru menyampaikan menyampaikan garis besar cakupan materi, kegiatan yang akan dilakukan, lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran.
10 menit
Inti
Mengumpulkan Informasi
Ø  Guru menanyakan apakah peserta didik sudah menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang terkumpul kemarin
Ø  Guru meminta meminta peserta didik untuk kembali mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di “bukalah wawasanmu
Ø  Memberi kesempatan peserta didik untuk membaca dan menelaah “bukalah wawasanmu”
Ø  Meminta peserta didik untuk mencatat jawaban-jawaban yang diperoleh dari “bukalah wawasanmu” dari pertanyaan dalam “ungkapkan rasa keingintahuan mu”
Ø  Jika ada pertanyaan yang tidak didapat  jawabannya, guru bisa memberikan penjelasan singkat atau memberikan sumber-sumber bacaan yang bisa peserta didik dapatkan.
Ø  Jika ada pertanyaan yang mendasar dan perlu dikaji lebih mendalam, guru bisa menjadikan pertanyaan tersebut menjadi tugas mandiri.

60 menit
Penutup
Ø  Guru bertanya kepada  peserta didik tentang manfaat/hikmah materi yang baru dipelajari
Ø  Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi yang baru saja dipelajari
Ø  Guru meminta peserta didik secara jujur menjawab soal-soal penalaran dan mengisi kolom pada rubrik “REFLEKSI” sebagai bentuk penguatan materi yang telah dipelajari.
Ø  Guru menutup pembelajaran dengan mengajak peserta didik membaca bacaan hamdalah bersama.

10 menit

3.     Pertemuan Ketiga (2JP)
Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Ø  Guru membuka deengan salam dan mengajak siswa untuk membaca bacaan basmalah bersama-sama
Ø  Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
Ø  Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari.
Ø  Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
Ø  Guru menyampaikan menyampaikan garis besar cakupan materi, kegiatan yang akan dilakukan, lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran.
10 menit
Inti
Menalar/mengumpulkan informasi
Ø  Guru mengajak peserta didik untuk melakukan aktifitas yang dapat memperkaya wawasan, pemahaman, pengalaman, yaitu dengan berdiskusi, menyajikan cerita dan lain-lain sesuai dengan situasi, kondisi, dan tempat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung
Ø  Sebelum diskusi dilakukan, guru perlu mempersiapkan langkah-langkah sebagai berikut:
1.   Menjelaskan pengantar tentang tata cara berdiskusi, antara lain
a.  Berkelompoklah 5-6 orang setiap kelompok
b.  Setiap kelompok harus memilih ketua dan sekretaris.
c.  Setiap kelompok mendiskusikannya dengan menkaji “bukalah wawasanmu”atau melihat sumber lain.
d.  Setiap kelompok mencatat hasil diskusinya di kertas dengan rapi (bisa disediakan oleh guru atau dari peserta didik).
60 menit
Penutup
Ø  Guru bertanya kepada  peserta didik tentang manfaat/hikmah materi yang baru dipelajari
Ø  Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi yang baru saja dipelajari
Ø  Guru meminta peserta didik secara jujur menjawab soal-soal penalaran dan mengisi kolom pada rubrik “REFLEKSI” sebagai bentuk penguatan materi yang telah dipelajari.
Ø  Guru menutup pembelajaran dengan mengajak peserta didik membaca bacaan hamdalah bersama.

10 menit

4.     Pertemuan Keempat ( 2 JP)
Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Ø  Guru membuka deengan salam dan mengajak siswa untuk membaca bacaan basmalah bersama-sama
Ø  Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan.
Ø  Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari.
Ø  Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
Ø  Guru menyampaikan menyampaikan garis besar cakupan materi, kegiatan yang akan dilakukan, lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran.
10 menit
Inti
Mengeksplorasi
Ø  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi di depan kelompok yang lain.             
Ø  Setiap kelompok menilai kelompok yang sedang  mempresentasikan hasil kerjanya secara bergantian
Ø  Kelompok lain menyiapkan pertanyaan untuk dijawab kelompok yang sedang mempresentasikan
Ø  Setelah selesai, tiap kelompok kembali ke tempatnya masing-masing
Ø  Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguat atas diskusi yang baru saja dilaksanakan.
Catatan::
Guru melakukan pengamatan selama diskusi berlangsung dengan menggunakan format penilaian “Pengamatan sikap”.
60 menit
Penutup
Ø  Guru bertanya kepada  peserta didik tentang manfaat/hikmah materi yang baru dipelajari
Ø  Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi yang baru saja dipelajari
Ø  Guru meminta peserta didik secara jujur menjawab soal-soal penalaran dan mengisi kolom pada rubrik “REFLEKSI” sebagai bentuk penguatan materi yang telah dipelajari.
Ø  Guru menutup pembelajaran dengan mengajak peserta didik membaca bacaan hamdalah bersama.

10 menit

5.     Pertemuan Kelima ( 2 JP)
Kegiatan
Diskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Ø  Guru membuka deengan salam dan mengajak siswa untuk membaca bacaan basmalah bersama-sama
Ø  Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
Ø  Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari.
Ø  Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
Ø  Guru menyampaikan menyampaikan garis besar cakupan materi, kegiatan yang akan dilakukan, lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran.
10 menit
Inti
Mengomunikasikan

Ø  Guru meminta tiap kelompok memberikan komentar tentang persamaan dan perbedaan hasil diskusi antara kelompoknya dengan kelompok lain.
Ø  Guru meminta pendapat dari peserta didik secara jujur, kelompok mana yang paling baik hasil diskusinya.
Ø  Mengakhiri kegiatan diskusi dengan memberikan semangat dan menghargai semua usaha peserta didik.
Merefleksi
Ø  Sebelum mengakhiri pembelajaran, setiap peserta didik diminta melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang yang diajukan guru, seperti:
a.        apakah yang dimaksud dengan hukum bacaan mad silah, mad badal, mad tamkim, dan mad farqi itu?
b.       Apakah dalam membaca qur’an kita selalu memperhatikan hokum bacaan yang ada dalam Alqur’an ?
c.        Apakah kita selalu memberikan hak-hak dari masing-masing huruf dan baan (panajng, pendek, jelas, mendengung, dan lain-lain) yang ada dalam Al Qur’an?
d.       Dan lain-lain
Ø  Guru meminta sebagain peserta didik menyampaikan hasil refleksinya. Diusahakan memilih peserta didik yang tidak terbiasa menyampaikan pendapatnya atau komentarnya.
Ø  Guru menghargai setiap hasil refleksi dengan kata “bagus” atau “hebat” atau kata-kata yang memotivasi peserta didik mau mengungkapkan pendapatnya.

60 menit
Penutup
Ø  Guru bertanya kepada  peserta didik tentang manfaat/hikmah materi yang baru dipelajari
Ø  Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi yang baru saja dipelajari
Ø  Guru menutup pembelajaran dengan mengajak peserta didik membaca bacaan hamdalah bersama.
10 menit

G.   Penilaian, pembelajaran remedial, dan Pengayaan:
1.   Teknik penilaian:
Teknik
Bentuk
Pengamatan Sikap 
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis
Tes Uraian
Tes Unjuk Kerja
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
2.   Instrumen penilaian dan pedoman penskoran
a.    Sikap (terlampir)
b.   Pengetahuan (terlampir)
c.    Keterampilan (terlampir)
3.   Pengayaan
Berikan tugas kepada siswa yang sudah menguasai materi untuk memahamkan kepada siswa yang remidi tentang materi yang sedang dipelajari (Hukum Bacaan mad silah, mad badal, mad tamkin, dan mad farqi). Berilah nilai tambahan bagi siswa yang berhasil memahamkan temannya yang remidi.
4.   Remedial
Sebagaimana dijelaskan pada bab sebelumnya bahwa ada banyak sekali program remedial (remedial teaching) yang dapat digunakan. Dalam hal ini yang cocok digunakan guru diantaranya:

1.           Mengajarkan kembali (re-teaching) materi yang sama, tetapi dengan cara penyajian yang berbeda;
2.           Tutoring sebaya, yaitu bentuk perbaikan yang diberikan oleh teman sekelasnya yang pandai, sebab adakalanya siswa lebih mudah menyerap materi pelajaran dari teman akrabnya maupun dari orang yang lebih dekat hubungan emosionalnya dari pada guru yang disegani atau bahkan ditakutinya;
3.           Lakukan penilaian kembali dengan memberikan so’al-so’al atau tanya jawab dengan lisan kepada siswa yang remidi (30 menit setelah pulang jam pelajaran selesai.

H.    Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.     Media/alat:
Ø  Multimedia interaktif/CD interaktif/video
Ø  Lembar kegiatan siswa (terlampir)
2.     Sumber Belajar
Ø  Buku Siswa Al-Qur’an Hadis untuk kelas IX, Kementerian Agama Republik Indonesia, 2015.
Ø  Materi terkait di Internet, koran dan majalah

             Mengetahui,
Kepala MTs ____________________



________________________
     ................, …………………..
Guru Mata Pelajaran



________________________

                NIP.                                                                                     NIP.


semoga bermanfaat
Facebook CommentsShowHide

0 komentar