Download RPP Bahasa Arab Kelas IX Kurikulum 2013
Download RPP Bahasa Arab Kelas IX Kurikulum 2013. Semoga postinga n ini dapat membantu anda yang membutukan RPP Bahasa Arab Kelas IX kurtilas.
Sebagai guru, RPP merupakan satu dokumen yang dibuat dalam rangka menjalankan tugasnya. Sebenarnya, banyak juga guru-guru yang mengajar dan tidak peduli dengan RPP-nya, tetapi bagaimana pun RPP menjadi satu kewajiban.
Guru Umar Bakri Tempoe Doeloe bisa jadi tidak membuat RPP tetapi dia bisa mengajar dengan lancar. Nah, anda bagaimana? Tujuan RPP sendiri sebenarnya baik, tetapi kalau tidak diterapkan juga percuma.
Download RPP Bahasa Arab Kelas IX Kurikulum 2013
Untuk Download silkan lihat di sini (tersimpan di google drive)
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs ____________________
Mata Pelajaran :
Bahasa Arab
Kelas/ semester :
IX /1
Materi
Pokok : Bacaan tentang topik الحفل بمولد الرسول
Pengenalan tarkib كان و
اسمها و خبرها المفرد
Alokasi Waktu :
15 x 40 menit ( 5 kali pertemuan)
A. Kompetensi
Inti (KI)
(KI):
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
(K2):
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
(K3):
Memahami pengetahuan (faktual,konseptual, danprosedural) berdasarkan
rasa ingin, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
(K4):
Mencoba, mengolah,dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi
Dasar (KD)
1.2
Meyakini adanya motivasi internal
(intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab
2.2
Menunjukkan perilaku motivasi internal
(intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa
3.2
Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari
kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan
dengan topik الحفل بمولد الرسول
baik secara lisan maupun
tertulis
4.2
Mendemonstrasikan ungkapan informasi
lisan dan tulisan sederhana tentang topik
الحفل بمولد
الرسول dengan memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
C. Indikator
Kompetensi Pembelajaran
Indikator
KD 3.2
3.1.3 Menirukan dan menunjukkan bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa
Arab yang diperdengarkan tentang topik
الحفل بمولد الرسول
3.1.3 Memperagakan tulisan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang
diperdengarkan tentang topik
الحفل بمولد الرسول
3.1.3 Menunjukkan gambar
tentang topik
الحفل
بمولد الرسول
Indikator KD 4.2
4.1.1 Memperagakan sesuai dengan kata, frasa
dan kalimat yang diperdengarkan.
4.1.2 Menyampaikan isi wacana tulis sesuai
tema/topik secara lisan atau tulisan
4.1.3 Menyusun karangan sederhana sesuai
tema/topik yang menggunakan
كان و اسمها و
خبرها المفرد
D. Tujuan
Pembelajaran
Dengan mengamati,
menanya, mengeksplorasi, menalar dan menkomunikasikan tentang topik:
رأس
السنة الهجرية
siswa dapat:
1.
Mengulangi yang diperdengarkan
dengan makhraj dan intonasi yang benar
yang berkaitan dengan : الحفل
بمولد الرسول
2. Membaca kata, frasa, dan kalimat
bahasa Arab dengan makhraj dan intonasi yang
benar tentang: الحفل بمولد الرسول
3. Menyebutkan
gambaran umum isi الحفل
بمولد الرسول
4. Memperagakan
sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.
5. Menyampaikan isi wacana
tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan
6. Menyusun karangan
sederhana sesuai tema/topik yang
menggunakan
كان و اسمها و
خبرها المفرد
E. Materi
Pembelajaran
(
مِنْ سِيْرَة حياة محَمّد صلى الله عليه وسلم )
لِلْمُسْلِمِيْن
مُنَاسَبَات دِيْنِيَّة يَحْتَفِلُوْن بِهَا. مِنْهَا ذِكْرَى مَوْلِدِ
الرَّسُوْل، يُقِيْمُوْنَهَا فِي المَسَاجِد أَوْ المَدَارِس ، أَوْ المَكَاتِب ،
بَل فِي المَنَازِل . إِنَّهاَ حَفْل بِمَوْلِد سَيِّد المُرْسَلِيْن مُحَمَّد
عَلَيْه الصَّلاَة وَالسَّلاَم. وُلِدَ مُحَمَّد صلّى الله عليه وسلّم فِي مَكَّة
يَوْمَ الإِثْنَيْن، الثَانِي عَشَر مِن شَهْر رَبِيْع الأَوَّل. تُوُفِّيَ
أَبُوْهُ عَبْدُ الله بْنُ عَبْدِ المُطَّلِب وَكاَنَ
اِبْنَ شَهْرَيْن،
وَقِيْل إِنَّ أَبَاهُ تُوُفِّي
وَهُوَ حُمِل. ثُمّ تُوُفِّيَتْ أُمُّه وَكاَنَ عُمْرُه سِتَّ سِنِيْن، ثُمّ تُوُفِّيَ جَدُّه
عَبْد المُطَّلِب وَأَوْصَى بِه إِلىَ أَبِي
طَالِب
خَرَجَ مُحَمَّد مَعَ أَبِي طَالِب إِلىَ الشَّام فِي
التِجَارَة. ثُمّ خَرَجَ إِلى الشَّام كَذلِك فِي
تِجَارَة خَدِيْجَة،
ثُمّ
تَزَوَّج خَدِيْجَة بَعْد ذلِك، وَكاَنَ عُمْرُه خَمْسًا وَعِشْرِيْن سَنَة.
بَعَثَ الله مُحَمَّدًا نَبِيَّا وَرَسُوْلاً. وَكاَنَ عُمْرُه أَرْبَعِيْن سَنَة.
تُوُفِّيَ أَبُوطَالِب الَّذِي كاَنَ يَحْمِيْه مِنْ أَذَى كُفَّار قُرَيْش.
وَتُوُفِّيَت خَدِيْجَة بَعْدَ ذلِك بِثَلاَثَة أَيَّام. وَهِيَ أَوَّلُ اِمْرَأَة
صَدَّقَتْ نُبُوَّتَه
هَاجَرَ
الرَّسُوْل بَعْدَ مَوْت خَدِيْجَة مَعَ بَعْض أَصْحَابِه إِلىَ الطَائِف.
وَبَعْدَ رُجُوْعِه إِلىَ مَكَّة أَسْرَاه الله إِلىَ بَيْت المَقْدِس وَإِلىَ
السَموَات فِي المِعْرَاج. ثُمَّ هَاجَرَ الرَّسُوْل مِن مَكَّة، وَدَخَلَ
المَدِيْنَة يَوْم الإِثْنَيْن، الثاَنِيَ عَشَرَ مِن رَبِيْع الأَوَّل. وَكاَنَت هِجْرَتُه
فِي الثَالِث وَالخَمْسِيْن مِن عُمْرِه.
تُوُفِّي
سَيِّدُ المُرْسَلِيْن بِالمَدِيْنَة.
بَعْد أَنْ مَكَثَ فِيْهَا عَشْرَ سِنِيْن. وَبَعْدَ أَن مَكَثَ قَبْل ذلِك
بِمَكَّة ثَلاَث عَشْرَة سَنَة. وَكاَنَت وَفَاتُه يَوْمَ الإِثْنَيْن، أَوَّل رَبِيْع
الأَوَّل، سَنَة 11 مِن الهِجْرَة .
F. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama (3 JP)
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru membuka deengan salam dan mengajak siswa untuk membaca bacaan
basmalah bersama-sama
2. Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
3. Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya
berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari.
4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari
5.
Guru menyampaikan
menyampaikan garis besar cakupan materi, kegiatan yang akan dilakukan,
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran.
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
القراءة
(
مِنْ سِيْرَة حياة محَمّد صلى الله عليه وسلم )
1. Guru meminta siswa untuk menutup buku
pelajarannya.
2. Guru membaca nash
qira’ah atau memutar rekaman, dan semua siswa mendengarkannya dengan penuh perhatian.
3. Guru meminta siswa untuk membuka buku
pelajaran.
4. Guru membaca nash qira’ah atau memutar
rekaman, dan siswa semua mendengarkannya sambil melihat materi pelajaran yang
dibacakan.
5. Guru membaca nash qira’ah ungkapan pertama,
lalu semua siswa mengulangi bacaan guru. Demikian selanjutnya, semua siswa
mengulangi ungkapan demi ungkapan yang
dibacakan guru sampai dengan ungkapan terakhir.
Mengeksplorasi
Langkah-langkah latihan (تدريبات) materi membaca (القراءة)
sebagai berikut:
تدريبات
على القراءة
تدريب (1) : أَجِب عَنِ الأَسْئِلَة الآتِيَة
وَفْقًا لِنَصِّ القِرَاءَة !
1. Guru membacakan pertanyaan nomor 1
lebih dari satu kali.
2. Seorang siswa diminta untuk menjawab pertanyaan.
3. Jika jawabannya salah atau kurang
tepat, siswa lain diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan.
4. Jika jawaban siswa kedua salah, maka
dapat diberikan kesempatan kepada siswa ketiga.
5. Jika jawaban siswa ketiga masih salah,
maka dijawab oleh guru –jika perlu- disertai penjelasan singkat
6. Kegiatan dilanjutkan dengan cara
tersebut, sampai pertanyaan terakhir.
|
100
menit
|
Penutup
|
1.
Guru meminta siswa untuk menyimpulkan materi
pelajaran yang sudah disampaikan
2.
Guru meminta agar peserta didik membiasakan
mengucapkan hal yang terkait materi dalam bahasa Arab.
3.
Guru menginformasikan pelajaran selanjutnya
4.
Guru menutup
pelajaran dengan membaca hamdalah dan memberi salam
|
10 menit
|
2. Pertemuan Kedua (3 JP)
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru membuka dengan salam dan mengajak siswa untuk membaca bacaan
basmalah bersama-sama
2. Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
3. Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya
berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari.
4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari
5.
Guru menyampaikan
menyampaikan garis besar cakupan materi, kegiatan yang akan dilakukan,
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran.
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik menyimak
wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.
Menanya
2.
Peserta didik melakukan tanya jawab
sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
Mengeskplorasi
3. Peserta didik mencari
dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat dalam isi teks lisan
sesuai konteks.
Mengasosiasi
تدريب (2): اِخْتَر (ص) أَوْ (خ)
وَفْقًا لِنَصِّ القِرَاءَة !
1.
Guru
menjelaskan dengan singkat cara menjawab tadrib.
2.
Guru meminta
seorang siswa untuk membaca ungkapan tadrib, lalu mengatakan (صحيح),
jika makna ungkapan sesuai dengan yang terkandung dalam nash qira’ah, atau mengatakan (خطأ),
bila tidak sesuai dengan makna dalam nash qira’ah, lalu mengucapkan ungkapan
pembetulannya.
3. Bila jawaban siswa tersebut
salah, maka kesempatan menjawab diberi-kan kepada siswa lain.
4.
Jika tidak ada
siswa yang dapat memberikan jawaban yang benar, maka jawaban diberikan oleh
guru sendiri, dengan me-ngajak mereka untuk kembali memahami ungkapan yang
terkait pada nash qira’ah.
5.
Kegiatan
dilanjutkan dengan cara seperti di atas, sampai tadrib terakhir.
|
100 menit
|
Penutup
|
1
Guru meminta agar peserta didik untuk mengulangi kata, frasa dan kalimat tentang
رأس
السنة الهجرية
yang
telah diajarkan
2
Guru meminta siswa untuk menyimpulkan materi
pelajaran yang sudah disampaikan
3
Guru meminta agar peserta didik membiasakan
mengucapkan hal yang terkait dengan jam dalam bahasa Arab.
4
Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan latihan
tentang istima’
5
Guru menginformasikan pelajaran selanjutnya
6 Menutup pelajaran dengan membaca hamdalah dan
memberi salam
|
10 menit
|
3. Pertemuan Ketiga ( 3 JP)
Kegiatan
|
Diskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru membuka deengan salam dan mengajak siswa untuk membaca bacaan
basmalah bersama-sama
2.
Guru mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
3.
Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya berkaitan
dengan kompetensi yang akan dipelajari.
4.
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam
kehidupan sehari-hari
5.
Guru menyampaikan menyampaikan garis besar cakupan materi, kegiatan yang
akan dilakukan, lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan dalam
pembelajaran.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
انظر واستمع وأعد!
Mengeksplorasi
Langkah-langkah Tadrib Hiwar:
الحوار
تدريب
(1) : أَجْرِ الحِوَار كَمَا فِي الْمِثَال!
1. Pengulangan Kelompok
Guru mengucapkan (المُحَاضَرَة/أَمَانَة الرَّسُوْل), kelompok
pertama disertai guru mengulangi:
= + : مَا
مَوْضُوْعُ
المُحَاضَرَة؟ - : مَوْضُوْعُ المُحَاضَرَة (أَمَانَةُ الرَّسُوْل)
1. Guru
mengucapkan (هذا النص/الإيمان بالله), kelompok kedua disertai guru mengulangi:
- مَا مَوْضُوْعُ هذا النص؟ -: مَوْضُوْعُ الإيمان بالله
Sebagai model, tanya jawab
seperti ini dilakukan lebih dari satu kali.
2. Pengulangan Individual
Kegiatan Tanya jawab seperti ini
dapat dilakukan antara dua orang siswa
3. Kegiatan langkah pertama dan kedua
dilakukan untuk materi tadrib berikutnya, dan peranan guru dapat diganti oleh
siswa yang pandai.
تدريب (2) : أَجْرِ الحِوَار كَمَا
فِي الْمِثَال!
1. Pengulangan Kelompok
Guru mengucapkan (تقرأ), kelompok pertama disertai guru mengulangi:
+ ماذا تقرأ؟
Guru mengucapkan (القرآن الكريم), kelompok kedua disertai guru mengulangi:
- أقرأ القرآن الكريم
Sebagai model, tanya jawab
seperti ini dilakukan lebih dari satu kali.
2. Pengulangan Individual
Kegiatan Tanya jawab seperti ini
dapat dilakukan antara dua orang siswa
3. Kegiatan langkah pertama dan kedua
dilakukan untuk materi tadrib berikutnya, dan peranan guru dapat diganti oleh
siswa yang pandai.
تدريب
(3) : أَجْرِ
الحِوَار مَعَ صَدِيْقِك كَمَا يَلِي!
1. Pengulangan Kelompok
Guru mengucapkan (يقرأ القرآن), kelompok pertama disertai guru mengulangi:
+ بَحَثْتُ عَنْك،
طَوِيْلا . أَيْنَ كُنْتَ؟
Guru mengucapkan (عائشة), kelompok kedua
disertai guru mengulangi:
- كُنْتُ فِي اجْتِمَاع مَعَ بَعْضِ الأَصْدِقَاء
Sebagai model, tanya jawab
seperti ini dilakukan lebih dari satu kali.
2. Pengulangan Individual
Kegiatan Tanya jawab seperti ini
dapat dilakukan antara dua orang siswa
3. Kegiatan langkah pertama dan kedua
dilakukan untuk materi tadrib berikutnya, dan peranan guru dapat diganti oleh
siswa yang pandai.
Mengasosiasi
Peserta didik menentukan
isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.
Menanya
1.
Peserta
didik melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.
2.
Guru memberikan penjelasan sebagai penguat.
|
60 menit
|
Penutup
|
1.
Guru meminta siswa untuk menyimpulkan materi
pelajaran yang sudah disampaikan
2.
Guru meminta agar peserta didik membiasakan
mengucapkan hal yang terkait materi dalam bahasa Arab.
3.
Guru menginformasikan pelajaran selanjutnya
4.
Guru menutup
pelajaran dengan membaca hamdalah dan memberi salam
|
10 menit
|
4.
Pertemuaan Keempat ( 3 JP )
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
1. Guru membuka deengan salam dan mengajak siswa
untuk membaca bacaan basmalah bersama-sama
2. Guru mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan
3. Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari.
4. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
5. Guru menyampaikan menyampaikan garis besar cakupan
materi, kegiatan yang akan dilakukan, lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan dalam pembelajaran.
|
10 menit
|
|
Inti
|
Mengamati
Ø
Guru menjelaskan struktur/susunan kalimat كان
و اسمها و خبرها المفرد sebagaimana terdapat dalam
buku pelajaran, sebaiknya materi ini ditulis di papan tulis atau ditampilkan
di layar.
Menanya
Ø
Peserta didik
melakukan
tanya jawab sederhana tentang struktur/susunan
kalimat كان و اسمها و خبرها المفرد yang dipelajari.
Mengeskplorasi
Ø
Peserta didik
mencari dari
berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat dalam isi teks lisan
sesuai konteks.
Mengasosiasi
Ø
Peserta didik
merangkaikan
kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat sesuai dengan kaidah.
Langkah-langkah
tadrib:
1.
Guru mengajak siswa untuk memperhatikan kolom pertama
(kolom ... الآن ، اليَوْم )
2.
Guru membaca contoh kalimat demi kalimat, lalu diulangi siswa semuanya.
3.
Guru mengajak siswa untuk memperhatikan kolom kedua (kolom ... فيِ الزَمَن الماَضِي)
4.
Guru membaca contoh kalimat demi kalimat kolom kedua, lalu diulangi siswa
semuanya.
5.
Guru
mengajak siswa untuk membandingkan kedua kolom tersebut.
Mengomunikasikan
Ø Peserta didik menyampaikan
isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan
|
60 menit
|
|
Penutup
|
1.
Guru meminta siswa untuk menyimpulkan materi
pelajaran yang sudah disampaikan
2.
Guru meminta agar peserta didik membiasakan
mengucapkan hal yang terkait materi dalam bahasa Arab.
3.
Guru menginformasikan pelajaran selanjutnya
4.
Menutup
pelajaran dengan membaca hamdalah dan memberi salam
|
10 menit
|
5. Pertemuan Kelima (3 JP)
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
|
10 menit
|
Inti
|
Mengasosiasi
1. Guru menjelaskan cara mengerjakan
latihan Menulis (الكتابة)
2. Guru mengoreksi hasil pekerjaan siswa.
Koreksi dapat dilakukan oleh mereka sendiri (sebaiknya bukan oleh teman satu
bangku) atau langsung oleh guru.
3. Guru mencatat kesalahan hasil koreksi,
untuk mengetahui kesalahan perorangan dan kesalahan umum yang diperbuat oleh
kebanyakan atau siswa yang bersangkutan, dan kesalahan umum dijelaskan kepada
semua siswa.
4. Kegiatan kitabah selesai,
setelah diketahui dicatat sebagai nilai latihan, dan setelah mereka menyalin
kembali materi latihan tanpa kesalahan (dengan memperhatikan hasil koreksi)
5. Untuk menghemat waktu tatap muka di
kelas, kitabah dapat dilakukan di rumah (PR), dan tidak harus menunggu sampai
selesai kegiatan qir’ah, sebab terdapat latihan kitabah yang dapat dikerjakan
setelah belajar tarkib.
6. Jika masih diperlukan, kegiatan إملاء dilakukakan dari منظور إملاء atau langsung اختبارى إملاء (dikte tanpa diperlihatkan dahulu
materinya). Materi dipilih dari materi qira’ah atau hiwar.
Model-model
latihan (تدريبات) materi menulis (الكتابة) diantaranya sebagai berikut:
تدريب (1) : أَجِب عَنِ
الأَسْئِلَة الآتِيَة !
1. Guru membacakan pertanyaan nomor 1
lebih dari satu kali.
2. Seorang siswa diminta untuk menulis
jawaban.
3. Jika jawabannya salah atau kurang
tepat, siswa lain diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan.
4. Jika jawaban siswa kedua salah, maka
dapat diberikan kesempatan kepada siswa ketiga.
5. Jika jawaban siswa ketiga masih salah,
maka dijawab oleh guru –jika perlu- disertai penjelasan singkat.
6. Kegiatan dilanjutkan dengan cara tersebut,
sampai pertanyaan terakhir.
تدريب
(1) :
تَرْجِم إِلىَ اللُّغَة العَرَبِيَة الصَّحِيْحَة
(لاَ تَنْس اسْتِخْدَام
"كاَنَ" المناسب في ترجمتك) !
1. Guru menjelaskan cara mengerjakan
tadrib.
2. Siswa diminta untuk menulis terjemahan
Arab dari kalimat berbahasa Indonesia yang tersedia dengan menggunakan كان di dalamnya.
3. Jika jawabannya salah atau kurang
tepat, siswa lain diberi kesempatan untuk membenarkannya.
4. Jika jawaban siswa kedua salah, maka
dapat diberikan kesempatan kepada siswa ketiga.
5. Jika jawaban siswa ketiga masih salah,
maka diberitahukan terjemahan yang benarnyaoleh guru –jika perlu- disertai
penjelasan singkat.
6. Kegiatan dilanjutkan dengan cara
tersebut, sampai pertanyaan terakhir.
Menanya
1.
Siswa diberi kesempatan bertanya atas apa yang belum dipahami
2.
Guru memberikan kesempatan siswa lain untukmenanggap
3.
Guru memberikan penjelasan penguat atas jawaban yang diberikan siswa
|
60 menit
|
Penutup
|
1. Guru meminta siswa untuk menyimpulkan
materi pelajaran yang sudah disampaikan
2. Guru meminta agar peserta didik
membiasakan mengucapkan hal yang terkait materi dalam bahasa Arab.
3. Guru menginformasikan pelajaran
selanjutnya
4. Guru menutup
pelajaran dengan membaca hamdalah dan memberi salam
|
10 menit
|
G. Penilaian,
pembelajaran remedial, dan Pengayaan:
1.
Teknik penilaian:
Teknik
|
Bentuk
|
Pengamatan
Sikap
|
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes
Tertulis
|
Tes Uraian
|
Tes
Unjuk Kerja
|
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik
|
2.
Instrumen penilaian dan pedoman penskoran
a.
Sikap
(terlampir)
b.
Pengetahuan
(terlampir)
c.
Keterampilan
(terlampir)
3.
Pengayaan
Peserta didik yang
sudah menguasai materi, diharuskan mengerjakan soal pengayaan yang telah
disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta
didik yang berhasil dalam pengayaan).
4.
Remedial
Peserta
didik yang belum memenuhi ketuntasan belajar diberikan tugan berupa (seuai
materi remedial). Guru akan melakukan
penilaian kembali dengan soal yang
sejenis. Remedial pembelajaran
dilaksanakan pada waktu dan hari
tertentu atas kesepakataan anatara peserta didik dan guru.
H. Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat:
Ø Multimedia interaktif/CD
interaktif/video
2. Sumber Belajar
Ø Buku Siswa Bahasa Arab untuk kelas IX,
Kementerian Agama Republik Indonesia, 2015.
Ø Materi terkait di Internet, koran dan
majalah
Mengetahui,
Kepala MTs ____________________
________________________
|
................,
…………………..
Guru Mata Pelajaran
________________________
|
NIP. NIP.
|
LEMBAR
PENILAIAN
- Penilaian
Pengetahuan:
a.
Instrumen
تدريب (1)
أَجِب عَن الأَسْئِلَة الآتِيَة
وَفْقًا لِلْقِرَاءَة السَّابِقَة !
1-
مَتىَ وُلِد مُحَمَّد صلّى الله عليه وسلّم ؟
2-
مَتىَ تُوُفِّيَ أَبُوْه عَبْد الله بْنُ عَبْدِ المُطَّلِب ؟
3-
مَن عَبْد المُطَّلِب؟
4-
لمِاَذاَ خَرَجَ مُحَمَّد مَعَ أَبِي طَالِب إِلىَ الشَّام؟
5-
هَل خَرَجَتْ خَدِيْجَة إِلىَ الشَّام فِي التِّجَارَة؟
تدريب (2)
قُل (صَحِيْح) إِذاَ كَانَت
العِبَارَة صَحِيْحَة وَقُل (خَطَأ) إِذَا كَانَت خَاطِئَة.
وَصَحِّح الخَطَأ وَفْقاً
لِلْقِرَاءَة السَّابِقَة !
1.
)ص-خ) بَعَثَ الله مُحَمَّدًا نَبِيًّا وَرَسُوْلاً،
وَلمَ يَتَزَوَّجْ.
2.
)ص-خ)كاَنَت السَيِّدَة خَدِيْجَة
أَوَّل اِمْرَأَة آمَنَت بِرِسَالَة مُحَمَّد صلّى الله عليه وسلّم.
3.
)ص-خ) هَاجَرَ رَسُوْل الله إِلىَ
المَدِيْنَة ثُمَّ هَاجَر بَعْد ذلِك إِلَى الطَّائِف.
4.
(ص-خ)
مَكَثَ الرَّسُول فِي المَدِيْنَة مُدَّةَ عَشْرِ سِنِيْن.
5.
)ص-خ) أَسْرَى الله رَسُوْلَه ص م
إِلىَ بَيْت المَقْدِس، وَكاَنَ الرَّسُوْل فِي المَدِيْنَة.
|
كان + مبتدأ +
خبر
(كَانَ – كاَنَتْ
– كُنْتُ – كنتَ – كنتِ – كانُوا – كُنْتُم)
... فيِ الزَمَن
الماَضِي (tadi, saat itu, dahulu)
|
... الآن ، اليَوْم
|
1-كَانَ فَرِيْد رَئِيْساً لِلَجْنَة الحَفْل
كَانَتْ خَلِيْلَة جَالِسَةً فِي الْمَكْتَبَة
(Khalilah – tadi, saat itu - duduk di perpustakaan)
كَانَ الطُلاَّب مُجِدِّيْن
فِي دُرُوْسِهِم
2- كُنْتُ غاَئِباً بِالأَمْس، كُنْتُ مَرِيْضاً
(Kemarin saya absen,
saya sakit)
أَيْنَ كُنْتَ
صَبَاحَ اليَوْم؟ كُنْتُ فِي اْلمَسْجِدِ
أَيْنَ كُنْتِ البَارِحَة ؟ كُنْتُ
مَعَ أُسْرَتِي فِي البَيْت
(Di mana Engkau malam tadi?
Saya bersama
keluarga di rumah)
3- كَانُوْا فِي الْقَاعَةTadi/saat itu mereka di aula
كَانُوْا نَشِيْطِيْن
Dulu mereka rajin
|
1- فَرِيْد رَئِيْسٌ لِلَجْنَة الحَفْل
خَلِيْلَة جَالِسَةٌ فِي الْمَكْتَبَة
الطُلاَّب
مُجِدُّون
فِي دَرُوْسِهِم
2- أَنَا غَائِب، أَناَ مَرِيْض
أَناَ أَمَامَ الْمَكْتَبَة
أَناَ مَعَ أُسْرَتِي فِي البَيْت
3- هُمْ فيِ القاعة
أَنْتُم نَشِيْطُوْن
|
تدريب (1)
اقْرَأ
الجُمَل الآتِيَة وَتَرْجِمْهَا إِلىَ الإِنْدُوْنِيْسِيَة الجَيِّدَة !
1- تُوُفِّيَ عَبْدُ اللهِ ابْنُ
عَبْدِ اْلمُطَّلِبِ، وَكَانَ مُحَمَّدٌ اِبْنَ شَهْرَيْنِ
2- تُوُفِّيَتْ السَيِّدَة آمِنَة
بِاْلأَبْوَاء، وَكاَنَ عُمْرُ مُحَمَّد سِتَّ سَنَوَات
3- كَانَتْ السَّيِّدَةُ خَدِيْجَة
أَوَّلَ امْرَأَةٍ آمَنَتْ بِرِسَالَة مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم
4- تَزَوَّجَ مُحَمَّدٌ خَدِيْجَةَ
وَكَانَ عُمْرُهُ خَمْسًا وَعِشْرِيْنَ سَنَةً
5- بَعَثَ اللهُ مُحَمَّدًا نَبِيًّا
وَرَسُوْلًا وَكَانَ عُمْرُهُ أَرْبَعِيْنَ سَنَةً
تدريب (2) أَدْخِل كَانَ عَلَى الجُمَل الآتِيَة مَعَ مُرَاعَاة مَا
يَلْزَم مِن التَغْيِيْر !
مثال : فَوْزَان طَالِب فِي
المَدْرَسَة الاِبْتِدَائِيَّة = كَانَ فَوْزَان طَالِبًا فِي المَدْرَسَة
الاِبْتِدَائِيَّة
1- أَناَ طاَلِب مِن طُلاَّب
المَدْرَسَة الاِبْتِدَائِيَّة
2-
هُم مُجْتَهِدُوْن فِي إِنْجَاح هذا الحَفْل
3-
أَنْتُم نَاجِحُوْن فِي تَنْظِيْم الحَفْل بِذِكْرَى مَوْلِد
الرَّسُوْل
4-
الطَالِبَة مَسْرُوْرَة بِنَجَاحِهَا فِي الاِمْتِحَان
5-
السَيِّدَة عَائِشَة دَاعِيَة مَعْرُوْفَة فِي هذِه المَدِيْنَة
تدريب (3)
صَحِّحْ باسْتَخْدام
(كان) كَماَ فِي المِثَال !
أَناَ غَائِب فِي المَدْرَسَة باِلأَمْس
كُنْتُ
غاَئِباً فِي المَدْرَسَة بِالأَمْس
1-
هُوَ سكرتير لِلَجْنَة الحَفْل، فِي السَّنَة الماضية
2-
أَيْن أَنْتِ صباح اليوم يا فريدة؟
3-
قبل السنتين، أَحْمَد طاَلِب فِي المَدْرَسَة الاِبْتِدَائِيَّة .
5-
بَوَّابَة المَدْرَسَة مُغْلَقَة في البارحة
6-
أَبُو سُفْيَان كاَفِر، لَمْ يُؤْمِنْ بِرِسَالَة مُحَمَّد ص م
تدريب (1) : تَبَادَلْ الأَسْئِلَة
وَالأَجْوِبَة مَعَ أَصْدِقَائِك !
مِثَال : صَبَاح اليَوْم/فيِ المَكْتَبَة
= + :
أَيْن
كُنْتَ صَبَاح اليَوْم؟ - : كُنْتُ
فِي المَكْتَبَة.
1- بِالأَمْس/أَمَامَ
المَدْرَسَة 2- البَاِرحَة/
مَعَ أُسْرَتِي
3- أَمْس/خَارِجَ الفَصْل 4- قَبْلَ قَلِيْل/فيِ
المِرْحَاض
5- حِيْنَئِذٍ/دَاخِلَ
مَكْتَبِي 6- مَسَاءَ
أَمْس/فِي البَيْت
تدريب (2) :
تَبَادَل الأَسْئِلَة وَالأَجْوِبَة مَعَ أَصْدِقَائِك !
مِثَال : المُحَاضَرَة/أَمَانَة
الرَّسُوْل
= + : مَا مَوْضُوْعُ المُحَاضَرَة؟ - : مَوْضُوْعُ المُحَاضَرَة (أَمَانَةُ الرَّسُوْل)
1-
هذا النص/الإيمان بالله
2- هذا الدَّرْس/الأَدَوَاتُ
المَدْرَسِيَّة
3-
هذا الحِوَار/التَّعْرِيْف بِالنَّفْس 4-
الدَّرْسِ الثَانِي/في المدرسة
5-
هذه القِصَّة/عَدْلُ عُمَر
6- الوَحْدَةِ الأُوْلىَ/لَعْبُ
الكُرَة
تدريب (3) : أَجْرِ الحِوَار مَعَ
صَدِيْقِك كَمَا يَلِي !
+
: بَحَثْتُ عَنْك، طَوِيْلا .
أَيْنَ كُنْتَ؟
-
: كُنْتُ
فِي اجْتِمَاع مَعَ بَعْضِ الأَصْدِقَاء
+
: عَمَّ تَكَلَّمْتُمْ ؟
-
: تَكَلَّمْنَا عَن تَشْكِيْلِ لَجْنَةِ الحَفْل القَادِم
+
: وَفَّقَك الله !
-
: بَارَك الله فِيْك !
b. Pedoman
Penskoran Aspek Pengetahuan (knowledge)
Ø Kosa kata (al-mufradat)
5
= Hampir
sempurna
4 = Ada
kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada
kesalahan dan mengganggu makna
2
= Banyak
kesalahan dan menganggu makna
1 =
Terlalu banyak kesalahan sehingga
sulit dipahami
Ø Kelancaran (at-thalaqah)
5
= Sangat
lancar
4 = Lancar
3 = Cukup
lancar
2
= Kurang
lancar
1
= Tidak
lancar
Ø Ketelitian (ad-diqqah)
5
= Sangat
teliti
4 = Teliti
3 = Cukup
teliti
2
= Kurang
teliti
1
= Tidak
teliti
Ø Pengucapan (at-talaffudz)
5
= Hampir
sempurna
4 = Ada
kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada
beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2
= Banyak
kesalahan dan mengganggu makna
1
= Terlalu
banyak kesalahan sehingga sulit untuk dipahami
Ø Intonasi (at-tanghim)
5
= Hampir
sempurna
4 = Ada
beberapa kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = Ada
beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2
= Banyak
kesalahan dan mengganggu makna
1
= Terlalu
banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
Ø Pemahaman (al-fahm)
5
= Sangat
memahami
4 = Memahami
3 = Cukup
memahami
2
= Kurang
memahami
1
= Tidak
memahami
Ø Pilihan kata (siyaghat
al-alfadz)
5
= Sangat
variatif dan tepat
4 = Variatif
dan tepat
3 = Cukup
variatif dan tepat
2
= Kurang
variatif dan tepat
1
= Tidak
variatif dan tepat
2. Penilaian dari Segi Sikap (attitude)
Penilaian sikap (observasi)
No
|
Aspek yang diobservasi
|
Pilihan Jawaban
|
SKOR
|
|||
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak Pernah
|
|||
1
|
Antusiasme dalam belajar
|
|
|
|
|
|
2
|
Bertanggung jawab/peduli
|
|
|
|
|
|
3
|
Percaya diri dalam berinteraksi
|
|
|
|
|
|
4
|
Menghargai
orang lain
|
|
|
|
|
|
5
|
Santun
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
|
Rentang Skor Sikap
No
|
Keterangan
|
Jumlah
Skor
|
1
|
Baik
Sekali/Selalu
|
76-100
|
2
|
Baik
/ Sering
|
51-75
|
3
|
Cukup/Kadang-kadang
|
26-50
|
4
|
Cukup/Tidak pernah
|
0-25
|
Penskoran
: Nilai = Jumlah skor Jawaban
5
- Penilaian
Keterampilan
- Instrumen
Penilaian Keterampilan
أ-
أَجِب عَن الأَسْئِلَة الآتِيَة إِجَابَة كاَمِلَة!
مِثَال : 1- مَتىَ وُلِدَ مُحَمَّد ص م ؟ ....
= وُلِدَ مُحَمَّد ص م يَوْم
الإِثْنَيْن، الثَانِيَ عَشَر مِن شَهْر رَبِيْع الأَوَّل
2- ماَ اسْم أَبِيْه ؟ ....
3- مَتىَ تُوُفِّيَت أُمُّه ؟ .... وَأَيْن ؟ ....
4- لمِاَذاَ خَرَجَ مُحَمَّد إِلىَ الشَّام؟ ....
مَعَ مَن ؟ ....
5- مَتىَ بَعَثَ الله مُحَمَّداً نَبِيًّا
وَرَسُوْلاً ؟ ....
6- إِلىَ أَيْنَ هَاجَرَ رَسُوْل الله
وَأَصْحَابُه ؟ ....
7- كَمْ كَانَ عُمْر الرَّسُوْل حِيْنَئِذٍ ؟ ....
8- أَيْنَ تُوُفِّي الرَّسُوْل ص م ؟ .... وَمَتىَ
؟ ....
ب- تَرْجِم إِلىَ اللُّغَة العَرَبِيَة
الصَّحِيْحَة
(لاَ تَنْس اسْتِخْدَام "كاَنَ"
المناسب في ترجمتك) !
1-
Di mana kamu (tadi), Salman?
2-
Saya (tadi) bersama temanku Farhan, di masjid. Kami
salat Dhuha.
3-
Muhammad Saw berhijrah dari Makkah ke Madinah. (saat
itu) usianya 53 tahun.
4-
Kemarin saya sampai di rumah pada pk. 5.00. setelah
ashar.
5-
Saudaraku, Hamidah (saat) itu sedang belajar di
kamarnya.
6-
Mereka, kemarin, sedang di perpustakaan.
7-
Mereka sedang membaca buku-buku sejarah.
b. Pedoman Penilaian Keterampilan
Menulis (al-Kitabah)
No
|
Aspek
yang Dinilai
|
Kriteria
|
Score
|
1
|
Kesesuaian Isi
dengan Judul
|
100% isi
sesuai dengan judul
|
5
|
80% isi sesuai
dengan judul
|
4
|
||
60% isi sesuai
dengan judul
|
3
|
||
40% isi sesuai
dengan judul
|
2
|
||
20% isi sesuai
dengan judul
|
1
|
||
2
|
Struktur Teks
|
100% tulisan
memiliki struktur yang tepat
|
5
|
80% tulisan
memiliki struktur yang tepat
|
4
|
||
60% tulisan
memiliki struktur yang tepat
|
3
|
||
40% tulisan
memiliki struktur yang tepat
|
2
|
||
20% tulisan
memiliki struktur yang tepat
|
1
|
||
3
|
Pilihan Kata
|
100% pilihan
kata tepat
|
5
|
80% pilihan
kata tepat
|
4
|
||
60% pilihan
kata tepat
|
3
|
||
40% pilihan
kata tepat
|
2
|
||
20% pilihan
kata tepat
|
1
|
||
4
|
Keterpaduan
Kalimat
|
100% kalimat
terpadu dan runtut
|
5
|
80% kalimat
terpadu dan runtut
|
4
|
||
60% kalimat
terpadu dan runtut
|
3
|
||
40% kalimat
terpadu dan runtut
|
2
|
||
20% kalimat
terpadu dan runtut
|
1
|
||
5
|
Keterpaduan
Paragraf
|
100% paragraf
terpadu dan runtut
|
5
|
80% paragraf
terpadu dan runtut
|
4
|
||
60% paragraf
terpadu dan runtut
|
3
|
||
40% paragraf
terpadu dan runtut
|
2
|
||
20% paragraf
terpadu dan runtut
|
1
|
||
6
|
Penulisan
Kosakata
|
100% penulisan
kata tepat
|
5
|
80% penulisan
kata tepat
|
4
|
||
60% penulisan
kata tepat
|
3
|
||
40% penulisan
kata tepat
|
2
|
||
20% penulisan
kata tepat
|
1
|
||
7
|
Ketepatan Tata
Bahasa
|
100% penggunaan
tata bahasa tepat
|
5
|
80% penggunaan
tata bahasa tepat
|
4
|
||
60% penggunaan
tata bahasa tepat
|
3
|
||
40% penggunaan
tata bahasa tepat
|
2
|
||
20% penggunaan
tata bahasa tepat
|
1
|
||
8
|
Originalitas
Penulisan
|
100% tulisan
hasil pemikiran sendiri
|
5
|
80% tulisan
hasil pemikiran sendiri
|
4
|
||
60% tulisan
hasil pemikiran sendiri
|
3
|
||
40% tulisan
hasil pemikiran sendiri
|
2
|
||
20% tulisan
hasil pemikiran sendiri
|
1
|
||
9
|
Kerapian
Tulisan
|
Rapi dan
terbaca
|
5
|
Kurang rapi
dan kurang terbaca
|
3
|
Format
Penilaian Individu
Nama Kegiatan :
_______________________________________________
Tanggal Pelaksanaan :
________________________________________________
Nama :
________________________________________________
NIS : ________________________________________________
No
|
Aspek
yang Dinilai
|
Nilai
|
Knowledge
|
||
1
|
Kosa
kata (a-mufradat)
|
|
2
|
Kelancaran
(al-thalaqah)
|
|
3
|
Ketelitian
(al-diqqah)
|
|
4
|
Pengucapan
(at-talaffudz)
|
|
5
|
Intonasi
(al-tanghim)
|
|
6
|
Pemahaman
(al-fahm)
|
|
7
|
Pilihan
kata (shiyagat al-kalam)
|
|
Attitude
|
||
1
|
Rasa
hormat (respect)
|
|
2
|
Jujur
(honest)
|
|
3
|
Peduli
(care)
|
|
4
|
Berani
(brave)
|
|
5
|
Percaya
diri (confidence)
|
|
6
|
Berkomunikasi
baik (communicative)
|
|
7
|
Peduli
sosial (social awareness)
|
|
8
|
Ingin
tahu (curiosity )
|
|
Action
|
||
1
|
Kerja
sama (team work)
|
|
2
|
Melakukan
tindak komunikasi
(communicative
action)
|
|
Total
|
|
|
Rata-Rata
|
|
Catatan:
a.
Skala penilaian 1-5. Usahakan tetap
berikan penghargaan kepada peserta didik untuk usaha yang dilakukan.
b.
Jika terdapat aspek penilaian yang
tidak teraplikasikan, guru dapat menandainya dengan N/A (Not Applicated –
Tidak Terlaksana).
ddddsdsds