-->

Info Terbaru - Komponen Dan Format Rpp K13 Revisi 2017

Format RPP Revisi 2017 – Saya membayangkan, aturan pembuatan RPP yang baku itu tidak ada. Dalam permendikbud, tidak ditegaskan secara rinci bagaimana RPP itu harus dibentuk sedemikian rupa sehingga semua RPP itu harus seragam. Permendikbud hanya menunjukkan garis-garis wacana komponen-komponen RPP, tetapi tidak menunjukkan keterangan yang lengkap. Kalau saya salah, tolong diluruskan. Dan silakan anda baca wacana aturan pembuatan RPP pada permendikbud terbaru.

Karena permendikbud itu, sebabagaimana dengan kitab peraturan dan undang-undang lain yakni pasti untuk berbeda, maka lahirlah banyak perbedaan dalam pembuatan RPP. Kaprikornus wajar. Kalau anda seorang pengawas, anda sudah sepatutnya tidak kaku dalam mengoreksi RPP para guru dibawah bimbingan anda. Bisa jadi RPP yang berbeda dibentuk oleh tangan-tangan kreatif yang mengeluarkan keringat malam pukul 12.

Memang, beberapa orang sering keliling, apalagi pada masa pemikiran gres ibarat sekarang, dan lebih sering dari unsur pengawas sekolah untuk menunjukkan pembinaan atau workshop kepada guru-guru wacana pembuatan RPP. Sehingga RPP di sebuah sekolah mesti diseragamkan. Tapi sebetulnya yang terpenting bukanlah RPPnya, tetapi bagaimana aplikasi RPP tersebut. Maka, sebagus-bagusnya RPP, ia tidak sanggup menilai seorang guru secara valid. Ia hanya menjadi acuan, yang adakala dilupakan begitu saja.

Komponen dan Format RPP K13 Revisi 2017


Daripada ngelantur, saya tunjukkan saja salah satu pemahaman wacana format RPP revisi 2017 berikut:  

Ada komponen-komponen yang mesti ada dalam RPP, mencakup identitas sekolah, mata pelajaran, kelas, alokasi waktu. Lalu bab-bab yang berisi kompetensi inti, Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Media Pembelajaran, dan Penilaian, serta lampiran-lampiran.

Secara rinci format RPP Revisi 2017 yakni sebagai berikut:

1.     Identitas Sekolah, mapel, dan alokasi waktu
Misal,
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                                 :  SMA N 1 PANGKALANKERINCI
Mata Pelajaran                                   :  BAHASA INDONESIA
Kelas/Semester                                :  X/2
Materi Pokok                                     :  Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Anekdot
Alokasi Waktu                                   :  120 menit (2 x pertemuan)


A.     Kompetensi Inti (KI)

        Kompetensi inti berisi 4 Kompetensi yang semuanya dimasukkan, kalau itu
mata pelajaran agama dan PKN). Tetapi kalau bukan mata pelajaran tersebut, cukup dituliskan 2 kompentensi inti, yakni KI 3 dan KI 4. Kalau dipikir-pikir apa maksudnya? Kenapa tidak dimasukkan semuanya?
 aturan pembuatan RPP yang baku itu tidak ada Info Terbaru -  Komponen dan Format RPP K13 Revisi 2017


B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

 Khusus untuk mata pelajaran agama dan PKN dituliskan KD 1 dan KD2 beserta indikatornya. Sementara mata pelajaran lain Cuma KD 3 dan KD 4 beserta indikatornya. Contoh: 
 aturan pembuatan RPP yang baku itu tidak ada Info Terbaru -  Komponen dan Format RPP K13 Revisi 2017


C.  Tujuan Pembelajaran
  Tujuan pembelajaran
dibuat dalam bentuk deskripsi. Aturan ini kaku benar, ibarat skripsi. Kenapa dihentikan misalnya, dibentuk penomoran, kan lebih jelas. Tapi sudahlah. Contoh..
Melalui aktivitas pembelajaran dengan pendekatan pedagoge gendre, saintifik, CLIL dengan model pembelajaran discovery, penerima didik sanggup mengidentifikasi struktur teks anekdot, memilih abstraksi, orentasi, krisis, reaksi dan koda teks anekdot,menyusun teks anekdot dengan bahasa yang baik dan penuh tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri serta pantang menyerah.


D.Materi Pembelajaran
    
Materi Pembelajaran disajikan dari bahan yang terdapat pada indikator pencapaian kompetensi.   Rincian bahan setiap pertemuan dinyatakan dalam Lampiran.
  •          Teks anekdot
  •          Definisi teks anekdot
  •          Struktur teks anekdot
  •          Unsurkebahasaan teks anekdot
  •         Teknik menulis teks anekdot
  •          Langkah-langkah menulis teks anekdot



E.Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
       Model yang disarankan yakni model yang didalam langkah-langkah sesuai dengan proses berpikir saintifik. Model tersebut adalah discovery learning, inquri, problem base learning, dan project base learning.
Pendekatan        : Pedagogi Genre,  Saintifik, CILL
Model                      : Discovery
Metode                   : ceramah, diskusi, tanya jawab

F. Media Pembelajaran
 Contoh: 
Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD, alat Lab
G.  Sumber Pembelajaran
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
·        Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X  Tahun 2016
·       Buku teks bahasa Indonesia
H.   Kegiatan Pembelajaran
     pada aktivitas pembelajaran sebaiknya tergambar PPK, literasi, 4C, dan HOTS
. Ingat, sebaiknya, jadi sunnah saja hukumnya.
Contoh:

Indikator: …
(indikator yang dirujuk untuk pembelajaran pertemuan pertama) 

1.    Pertemuan Pertama: (2 JP)
a.      Kegiatan Pendahuluan
Contoh:

      (Contoh di atas PPK-nya yakni religius dengan cara berdoa sebelum melakukan pembelajaran)
b.      Kegiatan Inti 
     [Kegiatan inti pada pembelajaran ini merupakan langkah-langkah dari model discovery learning, lantaran dibutuhkan penerima didik menemukan konsep reaksi oksidasi dan reduksi secara berdikari dan/atau berkelompok. Model ini terdiri dari 6 langkah/sintak, yakni: 1)Stimulation(stimulasi/pemberian rangsangan), 2)Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah), 3) Data collection (pengumpulan data), 4)Data processing (pengolahan data), 5)Verification (pembuktian), 6)Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)].

 
I. Penilaian
Di isi sebagaimana mestinya, Contoh:
 aturan pembuatan RPP yang baku itu tidak ada Info Terbaru -  Komponen dan Format RPP K13 Revisi 2017

A.      Penilaian
1.      Penilaian Sikap
a.       Teknik penilaian                           : Observasi : perilaku religiius dan perilaku sosial
b.       Bentuk penilaian                           : lembar pengamatan
c.        Instrumen evaluasi     : jurnal (terlampir)

2.      Pengetahuan
Jenis/Teknik tes    :  tertulis dan lisan
a.  Tertulis
b. Penugasan
c. Instrumen Penilaian (terlampir)

2.     Keterampilan
Teknik/Bentuk Penilaian      :  Praktik/Performence
Instrumen Penilaian (terlampir)


Lampiran:
         1.         Materi Pembelajaran Pertemuan 1
                 (materi ini sanggup berupa ringkasan bahan atau hand out sehingga nanti kalau
                 dikumpulkan sanggup menjadi modul)
         2.         Instrumen Penilaian Pertemuan 1
                 (instrumen evaluasi ini terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang
                 dilengkapi dengan bentuk/teknik evaluasi dan instrumennya serta kisi-kisi dan pedoman
                  penskorannya)
         3.         Materi Pembelajaran Pertemuan 2
         4.         Instrumen Penilaian Pertemuan 2

dan seterusnya tergantung banyak pertemuan.

Sekali lagi, dan mungkin ini tidak terakhir kali saya mengingatkan. Bagi semua guru Indonesia, tidak perlu galau dalam pembuatan RPP. Kalau kemudian pengawas anda tidak stuju dengan RPP yang anda buat lantaran menurutnya tidak sesuai, maka anda mungkin sanggup menunjukkan argumen anda, bahwa anda contohnya sudah sesuai dengan permen, tetapi pemahaman anda berbeda dengan pengawas. Itu kalau anda berani. Adapun format revisi 2017 di atas, hanyalah contoh yang kini sedang cukup hot di kalangan guru. 

Untuk Contoh lengkap RPP revisi 2017 lengkap sanggup anda download melalui tautan berikut:

RPP Sekolah Menengah Pertama Kelas 7 Kurikulum 2013 edisi revisi Semua mapel (Download)
RPP Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 Kurikulum 2013 edisi revisi Semua mapel (Download)
RPP Sekolah Menengah Pertama Kelas 9 Kurikulum 2013 edisi revisi Semua mapel (Download)
RPP Sekolah Menengan Atas Kelas 10 Kurikulum 2013 edisi revisi Semua mapel (Download)
RPP Sekolah Menengan Atas Kelas 11 Kurikulum 2013 edisi revisi Semua mapel (Download)

download juga:

Bahan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK):
1. Penguatan Pendidikan Karakter
2. Konsep dan Pedoman PPK
3. Modul PPK bagi Komite Sekolah
4. Modul PPK bagi Kepala Sekolah
5. Modul PPK bagi Guru
6. Modul PPK bagi Pengawas
7. Panduan Penilaian PPK

Demikian ulasan singkat tentang Komponen dan Format RPP K13 Revisi 2017. biar membantu.
Facebook CommentsShowHide

0 komentar