-->

Download RPP SKI Kelas IX Kurikulum 2013

Download RPP SKI Kelas IX Kurikulum 2013. Di sini anda bisa download RPP Akidah akhlak kelas IX, atau bisa lihat dulu contoh rpp nya di bawah ini.

Sebagai guru, RPP merupakan satu dokumen yang dibuat dalam rangka menjalankan tugasnya. Sebenarnya, banyak juga guru-guru yang mengajar dan tidak peduli dengan RPP-nya, tetapi bagaimana pun RPP menjadi satu kewajiban.

Guru Umar Bakri Tempoe Doeloe bisa jadi tidak membuat RPP tetapi dia bisa mengajar dengan lancar. Nah, anda bagaimana? Tujuan RPP sendiri sebenarnya baik, tetapi kalau tidak diterapkan juga percuma.


Untuk Download, lihat link di bawah sendiri ya.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       : MTs ____________________
Mata Pelajaran           : SKI
Kelas/ semester          : IX /1
Materi Pokok              : INDAHNYA ISLAM NUSANTARA
Alokasi Waktu            :  12 x 40 menit ( 6 kali pertemuan)

A.  Kompetensi Inti (KI)
(KI):   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
(K2):   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi   secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
(K3):  Memahami pengetahuan (faktual,konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingin, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
(K4):  Mencoba, mengolah,dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah  abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.  Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Menyadari bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim
2.1    Meneladani sikap arif dan bijaksana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sejarah masuknya Islam di Nusantara
3.1  Memahami sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
4.1.  Memaparkan alur perjalanan para pedagang Arab dalam berdakwah di Indonesia

C.  Indikator Kompetensi Pembelajaran
Indikator KD 3.1
3.1.1.     Mengidentifikasi sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.     
3.1.2.     Mengklasifikasi sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
3.1.3.     Menjelaskan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
3.1.4.     Mengidentifikasi bukti masuknya Islam di Nusantara abad ke 7, 11 dan 13
3.1.5.     Mengklasifikasi bukti masuknya Islam di Nusantara abad ke 7, 11 dan 13.
3.1.6.     Menjelaskan bukti masuknya Islam di Nusantara abad ke 7, 11 dan 13.
3.1.7.      Mengidentifikasi penyebab mudah berkembangnya Islam di Nusantara.
3.1.8.      Menjelaskan penyebab mudah berkembangnya Islam di Nusantara.

Indikator KD 4.
4.1.1.     Memaparkan alur perjalanan para pedagang Arab dalam berdakwah di Indonesia.

D.  Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, menalar, dan merefleksi, peserta didik diharapkan mampu:
1.   Menjelaskan proses masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
2.   Menjelaskan bukti masuknya Islam di Nusantara abad ke 7, 11 dan 13.
3.   Menjelaskan penyebab mudah berkembangnya Islam di Nusantara.
4.   Menjelaskan alur perjalanan para pedagang Arab dalam berdakwah di Indonesia.
5.   Berkomitmen untuk selalu tekun, gigih dalam belajar dan mensyiarkan Islam sebagaimana yang dilakukan oleh para penyebar agama Islam di Indonesia.

E.  Materi Pembelajaran
1. Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
2.   Bukti masuknya Islam di Nusantara abad ke 7, 11 dan 13.
3.   Penyebab mudah berkembangnya Islam di Nusantara.
4.  Alur perjalanan para pedagang Arab dalam berdakwah di Indonesia.

F.   Kegiatan Pembelajaran

1.     Pertemuan Pertama (2JP)

semoga bermanfaat
Facebook CommentsShowHide

2 komentar

Trm kasih tlh terbantu....goodluck

Balas

Trimaksih sangat membantu.
Minta tlg dong skalian perangkat penbelajarannya. Prota prosem rpp .

Balas