Siapakah Umar Bakri Sesungguhnya?

Lagu Umar bakri karangan Iwan fals barangkali muncul era delapan puluhan, saya tak tahu persis. Tahu-tahu saya sudah besar dan lagu itu sudah dinyanyikan di mana-mana. Tanpa menghafalpun saya hafal dengan sendirinya, banyak orang juga demikian.

Sebuah lagu yang abadan, bernapas panjang. Beda jauh dengan lagu separuh aku punyanya Ariel misalnya. Kita lihat saja, tidak sampai lima tahun lagu itu akan tenggelam dan ketika dinyanyikan lagi, kita benar-benar akan lupa. Itulah yang membedakan karya pop dan karya yang digarap dengan penuh keseriusan dan perasaan.

Umar Bakri...umar bakri sepuluh tahun mengabdi
tapi mengapa gaji guru umar bakri seperti dikebiri

benar-benar lagu yang penuh kritik dan masih relevan sampai sekarang. Meski tidak sepenuhnya. Sebab gaji guru sekarang sudah cukup besar, terkhusus bagi guru PNS yang sudah sertifikasi. Tapi ada, dan masih banyak, guru-guru yang nasibnya mirip betul dengan Oemar Bakrie (Begini nulis yang benar) bang iwan. Sungguh, miris benar. Seolah-olah waktu tidak bergerak. Begini saja, kita masih berada di era delapan puluhan ketika lagu itu muncul.

Tas hitam dari kulit buaya
mari kita pergi
memberi pelajaran ilmu pasti
itu.... hei! murid bengalmu lama sudah menunggu (rada-rada lupa nadanya)

yang jelas asyik. apalagi saat mulai masuk lirik ini:

laju sepeda kumbang di jalan berlubang
selalu begitu dari dulu waktu jaman jepang
Terkejut dia waktu mau masuk pintu gerbang
banyak polisi bawa senjata berwajah garang
bapak umar bakri kaget apa gerangan
Berkelahi pak jawab murid seperti jagoan
Bapak umar bakri takut bukan kepalang
itu sepeda butut di kebut lalu cabut kalanng kabut
cepat pulang
busyet!
standing dan terbang

Omar bakri omar bakri

Banyak ciptakan menteri

omar bakri omar bakri
....

Coba anda putar lagi lagu itu dan bayangkan bagaimana sosok Omar Bakri yang diciptakan bang iwan itu. Ia disiplin, pagi-pagi sudah ngopi, nyentrik, pakai tas kulit buaya, tapi takut ketika melihat ada tawuran. Omar bakri sekarang banyak yang pakai mobil, dan ketika ada tawuran takut juga. hehe

Jadi siapakah umar bakri itu? Ia bukan siapa-siapa. Ia adalah tokoh fiktif yang yang dibuat bang iwan. seperti Mukidi, Sukab, Mak Lampir, Kamelia, atau Alina dalam cerita-cerita fiksi. Ia memang menggambarkan seseorang yang mungkin benar-benar ada. Tetapi Umar bakri menurut saya tetaplah hanya tokoh rekaan atau bukan nama asli pada mulanya.

Sampai di sini anda tidak perlu bertanya, siapakah Guru Bakri sesungguhnya? Tidak usah. Jalani saja hidup ini dengan sungguh-sungguh, dan jangan lupa tertawa pada waktunya.

This Is The Oldest Page
Facebook CommentsShowHide

0 komentar