Download RPP SKI Kelas IX Kurikulum 2013
Download RPP SKI Kelas IX Kurikulum 2013. Di sini anda bisa download RPP Akidah akhlak kelas IX, atau bisa lihat dulu contoh rpp nya di bawah ini.Sebagai guru, RPP merupakan satu dokumen yang dibuat dalam rangka menjalankan tugasnya. Sebenarnya, banyak juga guru-guru yang mengajar dan tidak peduli dengan RPP-nya, tetapi bagaimana pun RPP menjadi satu kewajiban.
Guru Umar Bakri Tempoe Doeloe bisa jadi tidak membuat RPP tetapi dia bisa mengajar dengan lancar. Nah, anda bagaimana? Tujuan RPP sendiri sebenarnya baik, tetapi kalau tidak diterapkan juga percuma.
Untuk Download, lihat link di bawah sendiri ya.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs ____________________
Mata Pelajaran :
SKI
Kelas/ semester :
IX /1
Materi Pokok :
INDAHNYA ISLAM NUSANTARA
Alokasi Waktu : 12 x 40 menit ( 6 kali pertemuan)
A. Kompetensi
Inti (KI)
(KI):
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
(K2):
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
(K3):
Memahami pengetahuan (faktual,konseptual, danprosedural) berdasarkan
rasa ingin, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
(K4):
Mencoba, mengolah,dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi
Dasar (KD)
1.1 Menyadari bahwa berdakwah adalah kewajiban setiap muslim
2.1 Meneladani sikap arif dan bijaksana sebagai implementasi
dari pemahaman mengenai sejarah masuknya
Islam di Nusantara
3.1 Memahami
sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran
4.1. Memaparkan alur perjalanan para
pedagang Arab dalam berdakwah di Indonesia
C. Indikator
Kompetensi Pembelajaran
Indikator
KD 3.1
3.1.1.
Mengidentifikasi
sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan
pengajaran.
3.1.2.
Mengklasifikasi
sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan
pengajaran.
3.1.3.
Menjelaskan
sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan
pengajaran.
3.1.4.
Mengidentifikasi
bukti masuknya Islam di Nusantara abad ke 7, 11 dan 13
3.1.5.
Mengklasifikasi
bukti masuknya Islam di Nusantara abad ke 7, 11 dan 13.
3.1.6.
Menjelaskan
bukti masuknya Islam di Nusantara abad ke 7, 11 dan 13.
3.1.7.
Mengidentifikasi penyebab mudah berkembangnya
Islam di Nusantara.
3.1.8.
Menjelaskan penyebab mudah berkembangnya Islam
di Nusantara.
Indikator KD 4.
4.1.1. Memaparkan alur perjalanan para pedagang Arab dalam berdakwah di Indonesia.
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengamati, menanya, mengekplorasi, menalar, dan merefleksi, peserta didik
diharapkan mampu:
1. Menjelaskan proses masuknya Islam di Nusantara
melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.
2. Menjelaskan bukti masuknya Islam di Nusantara
abad ke 7, 11 dan 13.
3. Menjelaskan penyebab mudah berkembangnya Islam
di Nusantara.
4. Menjelaskan alur perjalanan para pedagang Arab
dalam berdakwah di Indonesia.
5. Berkomitmen untuk selalu tekun, gigih dalam
belajar dan mensyiarkan Islam sebagaimana yang dilakukan oleh para penyebar
agama Islam di Indonesia.
E. Materi
Pembelajaran
1. Sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui
perdagangan, sosial, dan pengajaran.
2. Bukti
masuknya Islam di Nusantara abad ke 7, 11 dan 13.
3. Penyebab
mudah berkembangnya Islam di Nusantara.
4. Alur
perjalanan para pedagang Arab dalam berdakwah di Indonesia.
F. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama (2JP)
semoga bermanfaat