Download RPP Akidah Akhlak Kelas IX Kurtilas
Download RPP Akidah Akhlak Kelas IX Kurikulum 2013. Di sini anda bisa download RPP Akidah akhlak kelas IX, atau bisa lihat dulu contoh rpp nya di bawah ini.
Sebagai guru, RPP merupakan satu dokumen yang dibuat dalam rangka menjalankan tugasnya. Sebenarnya, banyak juga guru-guru yang mengajar dan tidak peduli dengan RPP-nya, tetapi bagaimana pun RPP menjadi satu kewajiban.
Guru Umar Bakri Tempoe Doeloe bisa jadi tidak membuat RPP tetapi dia bisa mengajar dengan lancar. Nah, anda bagaimana? Tujuan RPP sendiri sebenarnya baik, tetapi kalau tidak diterapkan juga percuma.
Untuk Download, lihat link di bawah sendiri ya.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
MTs ____________________
Mata Pelajaran :
Akidah Akhlak
Kelas/ semester :
IX /I
Materi Pokok :
Iman
Kepada Hari Akhir dan Alam Gaib yang
Berhubungan dengan Hari Akhir
Alokasi Waktu :
8 x 40 menit ( 4 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti
(KI)
(KI):
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
(K2):
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
(K3): Memahami pengetahuan
(faktual,konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingin, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
(K4):
Mencoba, mengolah,dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar
(KD)
1.1. Meyakini akan
adanya hari
akhir
1.2.
Meyakinimacam-macam alam ghaib yang
berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul baa’s,
yaumulhisaab,yaumul miizaan,yaumul jazaa)
2.1. Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
2.2. Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap alam ghaib yang berhubungan dengan
hari akhir (‘alam barzah, yaumul baa’s, yaumul hisaab,yaumul miizaan,yaumul
jazaa)
3.1. Memahami pengertian
beriman kepada hari akhir, dalil/ buktinya, serta tanda dan peristiwa
yang berhubungan dengan hari akhir tersebut
3.2. Memahami
macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam
barzah, yaumul ba’s, yaumul hisaab,yaumul miizaan,yaumul jazaa)
4.1. Menyajikan
data dari berbagai sumber tentang fakta dan fenomena hari akhir dan alam ghaib
lain yang berhubungan dengan hari akhir
4.2. Menyajikan
data tentang hikmah orang yang mengimani alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, ‘alam barzah, hisaab, yaumul miizaan,yaumul jazaa’)
C. Indikator
Kompetensi Pembelajaran
Indikator
KD 3.1
3.1.1 Menjelaskan pengertian hari akhir
3.1.2 Menunjukkan dalil aqli dan naqli hari akhir
3.1.3 Menjelaskan macam-macam hari akhir
Indikator KD 4.1
4.1.1 Mengidentifikasi fenomena/ tanda-tanda hari akhir
4.1.2 Menunjukkan contoh perilaku orang yang mengimani hari akhir
Indikator KD 3.2
3.2.1 Menjelaskan pengertian macam-macam alam gaib yang
berhubungan dengan hari akhir
3.2.2 Menunjukkan dalil tentang alam gaib yang berhubungan
dengan hari akhir
Indikator KD 4.2
4.2.1 Menunjukkan contoh perilaku orang yang mengimani alam
gaib yang berhubungan dengan hari akhir
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah peserta didik
mengamati,menanya,mengeksplorasi,menalar,dan merefleksi tentang keimanan pada
hari akhir, diharapkan peserta didik mampu :
1.
Meyakini akan adanya hari akhir
2.
Meyakinimacam-macam alam ghaib yang
berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul baa’s,
yaumulhisaab,yaumul miizaan,yaumul jazaa)
3. Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
4. Menampilkan
perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap alam ghaib yang berhubungan dengan
hari akhir (‘alam barzah, yaumul baa’s, yaumul hisaab,yaumul miizaan,yaumul
jazaa)
5. Memahami pengertian
beriman kepada hari akhir, dalil/ buktinya, serta tanda dan peristiwa
yang berhubungan dengan hari akhir tersebut
6. Memahami
macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam
barzah, yaumul ba’s, yaumul hisaab,yaumul miizaan,yaumul jazaa)
7. Menyajikan
data dari berbagai sumber tentang fakta dan fenomena hari akhir dan alam ghaib
lain yang berhubungan dengan hari akhir
E. Materi
Pembelajaran
1. Iman
kepada hari akhir termasuk rukum iman ke lima
2. Iman
kepada hari akhir adalah prcaya akan adanya hari akhir
3. Hari
akahir/kiamat terbagi dua yaitu kiamat sughro dan kubro
4. Alam
ghoib yang berhubugan dengan hari akhir :
a. Alam
barzah
b. Yaumul
ba’ats
c. Yaumul
mahsyar
d. Yaumul
hisab
e. Yaumul
Mizan
f. Siroth
g. Surga
h. Neraka
5. Hikmah
beriman kepada hari akhir.
a. Mempekuat
keyakinan kepada Allah.
b. Mendorong
manusia untuk lebih meningkatkan amal ibadah.
c. Berani
menegakan kebenaran.
d. Rela
berkorban di jalan Allah.
e. Mendorong
manusia untuk menjauhkan perbuatan maksiat.
f. Hidup
lehih optimis.
g. Menumbuhkan
sifat ikhlas dalam beramal.
h. Mendorong
manusia untuk lebih disiplin dalam beribadah.
F. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan
Pertama (2JP)
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Ø Berdoa
Ø Guru mengabsen peserta didik
Ø Guru mengondisikan suasana belajar
yang menyenangkan
Ø Guru mendiskusikan kompetensi yang
sudah dipelajari sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari.
Ø Guru menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
Ø Guru menyampaikan menyampaikan garis
besar cakupan materi, kegiatan yang akan dilakukan, lingkup dan teknik
penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran.
Ø Guru mengkondisikan suasana belajar yang
menyenangkan
Ø Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang
hal-hal yang berkaitandengan materi beriman kepada hari akhir.
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati
Ø Guru meminta peserta didik mengamati dan memperhatikan gambar/visualdan
menjawab secara singkat pertanyaan "Mari Amati dan Perhatikan."
Ø Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan gambar/visual secara
bergiliran.
Ø Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan
yang dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatan tentang gambar/visual.
Menanya
Ø Guru meminta kembali peserta didik untuk membuat dan menjawab pertanyaan
berdasarkan hasil
pengamatannya pada kolom “penasaran ?”.
Menalar
Ø Guru memberikan penjelasan tambahan kembali dan penguatan
yang dikemukaan peserta didik tentang pada kolom “penasaran ?”.
|
60
menit
|
Penutup
|
Ø Guru bertanya kepada peserta didik tentang manfaat/hikmah
mempelajari materi iman kepada hari akhir
Ø Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan
materi iman kepada
hari akhir yang baru dipelajari
Ø Guru meminta peserta didik secara jujur menjawab soal-soal penalaran dan mengisi
kolom pada rubrik “REFLEKSI” sebagai bentuk penguatan materi yang telah dipelajari.
|
10
menit
|
2. Pertemuan
Kedua (2JP)
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Ø Berdoa
Ø Guru mengabsen peserta didik
Ø Guru mengondisikan suasana belajar
yang menyenangkan
Ø Guru mendiskusikan kompetensi yang
sudah dipelajari sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari.
Ø Guru menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
Ø Guru menyampaikan menyampaikan garis
besar cakupan materi, kegiatan yang akan dilakukan, lingkup dan teknik
penilaian yang akan digunakan dalam pembelajaran.
Ø Guru mengkondisikan suasana belajar yang
menyenangkan
|
10
menit
|
Inti
|
Mengumpulkan
Informasi
Ø Guru menjelaskan materi tentang beriman kepada hari akhir melalui
media/alat peraga/ alat bantu berupa tulisan manual di papan tulis kertas
karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca) atau bisa juga
menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
Ø Peserta didik bisa membaca materi pada kolom “buka cakrawalamu!”
Mengasosiasi
Ø Peserta
didik dibagi
beberapa kelompok untuk mendiskusikan beberapa masalah
pada
kolom “kembangkan
wawasanmu!”
|
60
menit
|
Penutup
|
Ø Guru bertanya kepada peserta didik tentang manfaat/hikmah
mempelajari materi iman kepada hari akhir
Ø Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan
materi iman kepada
hari akhir yang baru dipelajari
Ø Guru meminta peserta didik secara jujur menjawab soal-soal penalaran dan mengisi
kolom pada rubrik “REFLEKSI” sebagai bentuk penguatan materi yang telah dipelajari.
|
10
menit
|
3. Pertemuan
Ketiga (2JP)
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Ø Berdoa
Ø Guru mengabsen peserta didik
Ø Guru mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan
Ø Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari.
Ø Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
Ø Guru menyampaikan menyampaikan garis besar cakupan
materi, kegiatan yang akan dilakukan, lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan dalam pembelajaran.
Ø Guru mengkondisikan suasana belajar yang
menyenangkan
|
10 menit
|
Inti
|
Mengomunikasikan
Ø Peserta didik memamerkan hasil diskusinya pada dinding atau papan pameran
kelas.
Ø Peserta didik
diminta guru searah jarum jam tiap kelompok bergeser
menilai hasil kelompok lain dari segi ketepatan jawaban,
banyaknya/kelengkapan contoh, dan kejujuran pendapat/tidak mencontek!
Ø Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan
terhadap hasil diskusi tersebut.
Menalar
Ø Guru
menghubungkan hasil diskusi siswa dengan fenomena atau peristiwa serta dalil
tentang bukti kebenaran akan datangnya hari akhir.
|
60 menit
|
Penutup
|
Ø Guru bertanya kepada peserta didik tentang manfaat/hikmah
mempelajari materi iman kepada hari akhir
Ø Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan
materi iman kepada hari akhir yang baru dipelajari
Ø Guru meminta peserta didik secara jujur menjawab
soal-soal penalaran dan mengisi kolom pada rubrik “REFLEKSI” sebagai bentuk
penguatan materi yang telah dipelajari
|
10 menit
|
4. Pertemuan
Keempat (2JP)
Kegiatan
|
Diskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Ø Berdoa
Ø Guru mengabsen peserta didik
Ø Guru mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan
Ø Guru mendiskusikan kompetensi yang sudah
dipelajari sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari.
Ø Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
Ø Guru menyampaikan menyampaikan garis besar cakupan
materi, kegiatan yang akan dilakukan, lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan dalam pembelajaran.
Ø Guru mengkondisikan suasana belajar yang
menyenangkan
|
10 menit
|
Inti
|
Mengumpulkan
Informasi
Ø Peserta didik
dimintai mencari cerita/fenomena yang berhubungan dengan tanda-tanda hari
akhir dalam kehidupan nyata melalui berbagai sumber seperti koran, majalah,
buku atau internet.
Mengeksplorasi
Ø Kemudian
menceritakannya secara bergiliran dan yang lainnya meniliai dengan format
nilai seperti pada buku pegangan siswa.
Ø Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan
terhadap cerita
tersebut.
Merefleksi
Ø Peserta didik
di minta merenungkan kembali tentang materi yang telah dipelajari dengan cara
membuat peta konsep, rangkuman/kesimpulan dipandu oleh guru.
|
60 menit
|
Penutup
|
Ø Guru bertanya kepada peserta didik tentang manfaat/hikmah
mempelajari materi iman kepada hari akhir
Ø Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan
materi iman kepada hari akhir yang baru dipelajari
Ø Guru meminta peserta didik secara jujur menjawab
soal-soal penalaran dan mengisi kolom pada rubrik “REFLEKSI” sebagai bentuk
penguatan materi yang telah dipelajari
|
10 menit
|
G. Penilaian,
pembelajaran remedial, dan Pengayaan:
1.
Teknik penilaian:
Teknik
|
Bentuk
|
Pengamatan Sikap
|
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
Tes Tertulis
|
Tes
Uraian
|
Tes Unjuk Kerja
|
Tes Uji
Petik Kerja dan Rubrik
|
2.
Instrumen penilaian
dan pedoman penskoran
a.
Sikap
(terlampir)
b.
Pengetahuan
(terlampir)
c.
Keterampilan
(terlampir)
3.
Pengayaan
Peserta didik yang
sudah menguasai materi, diharuskan mengerjakan soal pengayaan beriman kepada
hari akhir.yang telah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan memberikan
tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
4.
Remedial
Peserta didik yang belum menguasai materi akan diberikan perlakuan khusus berupa (pilih salah satu):
1. Peer teaching yaitu belajar dengan teman sebaya,lalu guru melakuakan penilaian
ulang
2. akan dijelaskan
kembali oleh guru materi beriman pada hari akhir dan alam gaib yang berhubungan dengan hari
akhir. Guru akan melakukan penilaian kembali, dengan soal yang sejenis
atau
3. Guru memberikan tugas individu merangkum materi beriman pada hari
akhir dan alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir.
4. Remedial dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan, boleh di
luar jam pelajaran (30 menit setelah pulang jam pelajaran selesai).
H. Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat:
Ø Multimedia
interaktif/CD interaktif/video
Ø Lembar
kegiatan siswa (terlampir)
2. Sumber
Belajar
Ø Buku
Siswa Akidah Akhlak untuk kelas IX, Kementerian Agama Republik Indonesia, 2015.
Ø Materi
terkait di Internet, koran dan majalah
Mengetahui,
Kepala MTs ____________________
________________________
|
................,
…………………..
Guru Mata Pelajaran
________________________
|
NIP. NIP.
|
LEMBAR
PENILAIAN
1. PENASARAN?
Guru
melakukan penilaian peserta didik pada kegiatan “ PENASARAN? “.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
||
a
|
b
|
c
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
Aspek
dan rubrik penilaian:
a.
Frekwensi dalam bertanya
1)
Jika siswa bertanya 3 kali atau lebih, skor
30.
2)
Jika siswa bertanya 2 kali,
skor 20.
3)
Jika siswa bertanya 1 kali,
skor 10.
b.Keterkaitan
pertanyaan dengan materi.
1)
jika pertanyaan sesuai dengan materi,
skor 30.
2)
jika pertanyaan kurang sesuai dengan materi, skor 20.
3)
jika pertanyaan tidak sesuai dengan materi, skor 10.
c.
kejelasan/bahasa yang digunakan saat bertanya
1)jika bahasa jelas,lugas,dan mudah
dipahami, skor 30.
2). jika bahasa kurang
jelas,kurang lugas,dan kurang mudah dipahami, skor 20.
3) jika bahasa tidak jelas,tidak
lugas,dan sulit dipahami, skor 10.
Nilai:a +b+c
Catatan
:
ü Kegiatan
bertanya bagi siswa adalah bentuk rangsangan agar siswa berani bertanya dan
yang selama ini sangat sulit dimunculkan
ü Pertanyaan siswa
bagaimanapun bentuknya harus diapresiasi,sehingga nilai ini bisa dijadikan
sebagai nilai proses pembelajaran
ü Karenanya,pada
poin ‘aspek yang dinilai’, pada poin a dan b, meskipun pertanyaan
dan bahasa tidak tepat,tetap mendapatkan nilai
ü Jika Bapak/Ibu
guru merasa kesulitan dan merasa tidak memungkinkan diterapkan di lapangan,maka
penilian ini tidak harus dilakukan secara kontinyu tiap babnya
2.
KEMBANGKAN WAWASANMU!
DISKUSI
Guru
melakukan penilaian peserta didik pada kegiatan “ Mari Diskusi “.
v Instrumen dan
bahan diskusi
:
Setelah kalian
amati, memperhatian gambar atau fenomena serta mempelajari materi di atas, ada
beberapa hal yang perlu didiskusi.
a. Mengapa
akhir-akhir ini sering terjadi musibah bencana di sekitar kita ?
b. Berikan
contoh nyata yang ada di sekitar kalian tanda-tanda kiamat !
c. Apa
hikmah/pelajaran yang kalian ambil dari berbagai musibah bencana ?
v
Format penilian
1.
Penilain
kelompok yang maju/presentasi
KELOMPOK 1
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Maks
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak Lanjut
|
||||
a
|
b
|
c
|
T
|
BT
|
R
|
P
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
T : Tuntas mencapai nilai ....(
disesuaikan dengan nilai KKM )
BT : Belum Tuntas jika nilai yang
diperoleh kurang dari nilai KKM
R : Remedial
P
: Pengayaan
Aspek dan rubrik penilaian:
a.Kejelasan dan kedalaman informasi
1) Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman
informasi lengkap dan sempurna, skor 30.
2) Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman
informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 20.
3) Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman
informasi kurang lengkap, skor 10.
b. Keaktifan dalam diskusi
1) Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif
dalam diskusi, skor 30.
2) Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam
diskusi, skor 20.
3) Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam
diskusi, skor 10.
c. Kejelasan dan kerapian presentasi
1)
Jika kelompok
tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.
2)
Jika kelompok
tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30.
3)
Jika kelompok
tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan kurang rapi, skor 20.
4)
Jika kelompok
tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 10.
Nilai= a
+ b + c
KELOMPOK 2,3,…dst
2.
Penilaian
individu peserta didik dalam diskusi
Guru diharapkan untuk memiliki
catatan sikap atau nilai-nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama
dalam proses pembelajaran. Catatan terkait dengan sikap atau nilai-nilai
karakter yang dimiliki boleh peserta didik dapat dilakukan dengan tabel berikut
ini:
No
|
Nama
|
Aktifitas
|
Jumlah Skor
|
Tingkat Penguasaan nilai (MK, MP,
MT BT)
|
Keterangan
|
|||||||||||
Keaktifan
|
Kerja
sama
|
Disiplin
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian:
1.
Apabila peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang
dinyatakan dalam indikator.
2.
Apabila sudah memperlihatkan perilaku tetapi belum konsisten
yang dinyatakan dalam indikator.
3.
Apabila sudah memperlihatkan perilaku dan sudah kosisten
yang dinyatakan dalam indikator.
4.
Apabila sudah memperlihatkan perilaku kebiasaan yang
dinyatakan dalam indikator.
Catatan:
Penguasaan nilai disesuaikan dengan
karakter yang diinginkan.
MK
= 4 – 12
MB
= 1- 11
MT = 8 - 10
BT
= 4-7
Keterangan:
BT
: Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal
perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT
: Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya
tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum
konsisten).
MB
: Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda
perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK
: Membudaya/kebiasaan (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan
3. REFLEKSI
Guru menilai jawaban peserta didik dari soal-soal
penalaran berbentuk studi kasus sebagai berikut :
1. Apa
yang kamu lakukan jika terbesit di hati untuk melakukan dosa,padahal kamu yakin
kiamat akan datang?
2. Apa
hikmah yang bisa kamu ambil dari peristiwa meninggalnya seseorang?
3. Apa
yang kamu lakukan jika ada salah satu anggota keluarga atau temanmu yang masih
sering melakukan dosa padahal dia mengaku beriman kepada hari akhir?
NILAI = kebijakan
guru
Catatan :
Guru
membaca hasil paparan tiap peserta didik dan dihubungkan dengan rubrik
penilaian diri untuk sikap peserta didik
yang berhubungan dengan keimanan
kepada hari akhir dan alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir.
Format penilaian format berikut:
PENILAIAN DIRI
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang tersedia sesuai dengan
perilaku kalian!
NAMA SISWA :….
No
|
Pernyataan
|
Sangat
Setuju
|
Setuju
|
Tidak
Setuju
|
1.
|
Saya meyakini bahwa kelak akan terjadi hari akhir
|
|
|
|
2.
|
Saya meyakini bahwa malaikat pencatat amal baika dan buruk
tidaka akan melewatkan sekecil apapun perbuatan kita
|
|
|
|
3.
|
Saya meyakini bahwa di alam kubur/barzah orang baik akan
mendapat nikmat dan orang jahat akan mendapat siksa
|
|
|
|
4.
|
Saya meyakini bahwa semua manusia akan dibangkitkan dari alam
kubur
|
|
|
|
5.
|
Saya meyakini bahwa di padang mahsyar adalah hari yang teramat
berat bagi para pendosa
|
|
|
|
6.
|
Saya meyakini bahwa semua perbuatan dan pekerjaan manusia akan
diperhitungkankan dan dibalas
|
|
|
|
7.
|
Saya meyakini bahwa setiap orang akan melewati shirathyang
teramat berat
|
|
|
|
8.
|
Saya meyakini bahwa orang baik akan masuk surga dan orang jahat
akan masuk neraka
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian :
ü Jika peserta
didik mencentang sangatsetuju, skor
= 3
ü Jika peserta
didik mencentang setuju, skor
= 2
ü Jika peserta
didik mencentang tidak setuju, skor
= 1
NILAI =
Jumlah skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal (24)
Nilai 8
–12 = C (kurang)
Nilai 13–1
9 =
B (cukup)
Nilai 20– 24 =
A (baik)
4. AYO BERLATIH
Kegiatan ini adalah peserta didik
menjawab soal-soal pemahaman konsep dalam bentuk pilihan ganda dan essay/uraian
Skor
penilaian sebagai berikut:
1)
Pilihan ganda:
jumlah jawaban benar X 5 (maksimal 10
X 5
= 50).
No.
Soal
|
Skor
|
1
|
5
|
2
|
5
|
3
|
5
|
4
|
5
|
5
|
5
|
dst
|
5
|
Skor
maksimal = 10 x 5 = 50
a.
Rubrik Penilaian
essay
No.
Soal
|
Skor
|
1
|
10
|
2
|
10
|
3
|
10
|
4
|
10
|
5
|
10
|
Skor maksimal = 5x10=50
Nilai:Jumlah skor yang
diperoleh (pilihan ganda + uraian) x 100
Jumlah
Skor Maksimal (100)
Kerjakan Soal di bawah ini dengan benar!
1.
Iman kepada hari akhir termasuk rukun iman …
a.
3 b.
4 c. 5 d .6
2.
Orang yang tidak percaya akan datangnya hari akhir
termasuk orang …
a.
Mukmin c.
Kafir
b.
Munafiq d.
Musyrik
3.
Alam penantian datangnya hari akhirdisebut alam …
a.
Barzah c.
Mahsyar
b.
Ghaib d.
Mizan
4.
Hari berkumpulnya seluruh umat manusia sejak zaman
Nabi Adam sampai umat akhir zaman di suatu tempat yang sangat luas disebut …
a.
Yaumul ba’ats c.
Yaumul jaza’
b.
Yaumul hisab d.
Yaumul mahsyar
5.
Malaikat yang bertugas meniup sangkakala ketika hari
kebangkitan adalah …
a.
Mikail c.
Izrail
b.
Isrofil d.
Jibril
6.
Yang memberikan kesaksian ketika dilaksanakannya
perhitungan amal perbuatan manusia adalah …
a.
Anggota badan manusia c.
Rakib dan Atid
b.
Amal perbutan manusia d.
Munkan dan Nakir
7.
Berikut alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir,
kecuali …
a.
Barzah c.
Rahim
b.
Mizan d.
Hisab
8.
Bencana alam yang terjadi di sekitar kita, seperti
tanah longsor, gempa bumi termasuk …
a.
Kiamat kubro c.
Musibah
b.
Kiamat sughro d.
Azab
9.
Jembatan penentu dari setiapmanusia
setelah diperhitungkan dan ditimbang perbuatan baik- buruknya…
a.
Mizan c.
Hisab
b.
Sirot d.
Surga
10. Berikut
merupakan hikmah iman kepada hari akhir, kecuali …
a. Mendorong
manusia untuk menjauhkan perbuatan maksiat
b. Hidup
lehih pesimis.
c. Menumbuhkan
sifat ikhlas dalam beramal.
d. Mendorong
manusia untuk lebih disiplin dalam beribadah.
I.
Jawablah
soal berikut ini sesuai dengan pernyataan!
1.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan iman kepada hari akhir !
2.
Sebutkan tanda-tanda kiamat seperti
yang dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW !
3.
Berikan contoh dalam kehidupan nyata
tanda-tanda kiamat sughro (2 contoh)!
4.
Sebutkan 5 (lima) nama lain hari akhir beserta artinya !
5. Tulis dengan baik dalil tentang kiamat sughro
Qs. Al-Ankabut ayat 57 serta terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia
Anda yang ingin RPP format word silakan download melalui tautan di bawah ini:
Demikian, semoga bermanfaat.